Evaluasi Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Islam Karawang Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Di Era Global
Abstract
Rumah Sakit Islam Karawang sebagai entitas kesehatan yang beroperasi di tengah dinamika
global, menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Rumah Sakit Islam Karawang
dengan fokus membangun citra positif, strategi branding, riset pasar untuk kebutuhan pasien.
Penelitian dengan menggunakan Metode evaluasi kualitatif digunakan untuk menggali berbagai
aspek strategi pemasaran dari perspektif manajemen rumah sakit. Data primer diperoleh melalui
wawancara terstruktur, sementara data sekunder dikumpulkan melalui observasi lapangan dan
penggabungan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menyoroti sejumlah isu strategis seperti
kurangnya Sumber Daya Manusia, belum adanya tenaga khusus dalam mengelola unit pemasaran,
belum lengkapnya penunjang promosi untuk unit pemasaran, serta belum memiliki anggaran yang
lebih untuk memaksimalkan unit pemasaran. Dari sini menjelaskan pentingnya strategi branding
yang membedakan rumah sakit dari pesaingnya, dan perlunya riset pasar untuk memahami
kebutuhan pasien secara mendalam. Seiring dengan kesadaran akan peran krusial unit pemasaran
dalam meningkatkan pangsa pasar rumah sakit di era global. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Rumah Sakit
Islam Karawang dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Era Global
global, menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Rumah Sakit Islam Karawang
dengan fokus membangun citra positif, strategi branding, riset pasar untuk kebutuhan pasien.
Penelitian dengan menggunakan Metode evaluasi kualitatif digunakan untuk menggali berbagai
aspek strategi pemasaran dari perspektif manajemen rumah sakit. Data primer diperoleh melalui
wawancara terstruktur, sementara data sekunder dikumpulkan melalui observasi lapangan dan
penggabungan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menyoroti sejumlah isu strategis seperti
kurangnya Sumber Daya Manusia, belum adanya tenaga khusus dalam mengelola unit pemasaran,
belum lengkapnya penunjang promosi untuk unit pemasaran, serta belum memiliki anggaran yang
lebih untuk memaksimalkan unit pemasaran. Dari sini menjelaskan pentingnya strategi branding
yang membedakan rumah sakit dari pesaingnya, dan perlunya riset pasar untuk memahami
kebutuhan pasien secara mendalam. Seiring dengan kesadaran akan peran krusial unit pemasaran
dalam meningkatkan pangsa pasar rumah sakit di era global. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Rumah Sakit
Islam Karawang dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Era Global
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i2.4270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.