Tantangan Implementasi Maturity Rating Assesment Badan Layanan Umum Bidang Layanan Kesehatan Terhadap Kinerja Maturitas Aspek Inovasi di RS Persahabatan Tahun 2021-2022

Magdalena Puji Indratni

Abstract


Undang – undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit menyatakan rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Untuk memastikan bahwa barang dan jasa yang ditawarkan rumah sakit berhasil, strategi harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Salah satunya adalah strategi bauran pemasaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran 7P untuk peningkatan kunjungan rawat jalan di RSIA Karunia Bunda. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional di mana populasi seluruh pasien RSIA dengan sampel minimal berjumlah 385 orang yang didapat dengan perhitungan Cochran dan memenuhi kriteria inklusi serta eksklusi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis dilakukan secara Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, people, process dan physicalevidence) memiliki pengaruh terhadap kunjungan pasien(pvalue≤ 0,05) dan faktor placeadalah yang dominan(pvalue = 0,000 dan Odds ratio= 167,859). Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa mayoritas responden sebanyak 249 orang (64,7%) melakukan kunjungan di RSIA Karunia Bunda baik. Bauran pemasaran 7P memiliki pengaruh terhadap kunjungan pasien dan placemerupakan bauran yang dominan. Hal ini disebabkan karena place mewaliki kondisi fisik RSIA (fasilitas, bangunan dll). Saran yang diberikan adalah agar pihak manajemen RSIA mempertahan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta menjaga dan memperbaharui fasilitas yang ada sesuai perkembangan medis.
Kata Kunci: Bauran, Pemasaran dan Kunjungan Pasien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i1.4107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats