Usulan Rencana Strategis Acute and Trauma Center Rumah Sakit YARSI Jakarta Tahun 2024-2028

Rozi Abdullah, Yeny Sulistyowati, Deddy Nugroho

Abstract


Latar Belakang: Rumah Sakit Yarsi sejak berdiri pada akhir 2018 telah berkomitmen menjadi pusat layanan kesehatan unggulan di Jakarta Pusat serta menjadi pusat pendidikan bagi mahasiswa kedokteran. Meski berada dalam persaingan ketat dengan 36 rumah sakit lain di Jakarta Pusat, termasuk 10 rumah sakit rujukan, RS Yarsi terus berinovasi, khususnya dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan. Salah satu inovasi tersebut adalah Acute and Trauma Center, yang menjadi gerbang utama penerima pasien gawat darurat dan memiliki peran vital dalam menangani kondisi kritis dan trauma. Dalam menghadapi tantangan ini, RS Yarsi didukung oleh fasilitas dan teknologi medis terkini, serta tim medis yang kompeten. Untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan layanan, RS Yarsi merencanakan pengembangan dengan sebuah penelitian "Usulan Rencana Strategis Acute and Trauma Center RS Yarsi periode 2024-2028".
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode riset operasional dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan dari faktor eksternal dan internal, yang kemudian dianalisis melalui Consensus Decision Making Group (CDMG). Hasil analisis diformulasikan dalam matriks EFE & IFE, Matriks IE, TOWS, dan QSPM.
Hasil penelitian: Dalam penelitian ini, faktor eksternal yang menjadi peluang bagi Acute and Trauma Center RS Yarsi meliputi geografi, demografi, teknologi, ekonomi, politik/hukum, pemasok, dan pelanggan, sementara kompetitor dan aspek sosial merupakan ancaman. Faktor internal menunjukkan budaya perusahaan, pemasaran, sistem informasi, sarana prasarana, produk layanan, serta administrasi sebagai kekuatan, sedangkan organisasi, manajemen, keuangan, dan sumber daya manusia sebagai kelemahan. Analisis Matriks TOWS menempatkan Acute and Trauma Center di kuadran 4 (Future Quadrant) dan Matriks IE menunjukkan posisi di sel 1 (Build and Grow). Strategi pengembangan yang diidentifikasi melalui analisis ini adalah Product Development dan Market Development. Berdasarkan hasil CDMG disepakati tiga program utama direkomendasikan untuk perencanaan strategis 2024-2028, yaitu pengembangan segmen pasar, sarana prasarana, dan kompetensi SDM.

Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Acute and Trauma Center, Matriks TOWS, Maktriks IE, QSPM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i1.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats