Analisis Persepsi Bauran Pemasaran Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Pada Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Eksekutif RS Haji Jakarta

Zaida Dahlia, Yuli Prapanca Satar, Ahdun Trigono

Abstract


Latar Belakang: Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi yang penting untuk memberikan informasi secara luas kepada konsumen tentang apa yang kita tawarkan, memperkenalkan suatu produk barang atau jasa yang kita miliki menjadi salah satu poin penting dalam bauran pemasaran. Pada dasarnya bauran pemasaran yang paling lazim di aplikasikan di Indonesia adalah product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis presepsi bauran pemasaran terhadap pemanfaatan pelayanan pada pasien di poliklinik rawat jalan eksekutif RS Haji Jakarta. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif, dilakukan dengan metode pemberian kuesioner kepada responden yang masuk dalam kriteria inklusi yang nantinya data yang diperoleh akan dilakukan penginputan data dengan SPSS 29. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa semua unsur bauran pemasaran memiliki peran dalam menentukan persepsi terhadap konsumen meskipun unsur price dan physical evidence sangat berpengaruh dalam menentukan presepsi pasien. Banyak pasien yang masih merasakan kurangnya pemanfaatan dalam poliklinik rawat jalan eksekutif terutama dikarnakan jadwal dokter, tempat parkir dan juga alur pengobatan yang tidak efektif dan efisien menjadi salah satu masalah yang dapat ditinjau lebih baik lagi untuk kemudian dijadikan evaluasi terhadap bagaimana jalannya poliklinik rawat jalan eksekutif di RS Haji Jakarta.
Kata Kunci: bauran pemasaran, persepsi, product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence.

Full Text:

PDF

References


Permenkes No. 30 Th. 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.p.3.

Aprilia R. Pengaruh Good Corporate Governance, Budaya Organisasi, dan Pengendalian Intern terhadap Kinerja Organisasi dengan Akuntabilitas Publik Sebagai Variabel Intervening. J Online Mhs Fak Ekon Univ Riau. 2016;3(1):565–79.

Yesica Devis, Aldiga Rienarti Abidin, Anggri Nurkumala Asih.,2021. Analisis Bauran Pemasaran di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC) Kota Pekanbaru Tahun 2020. JHMHS Vol. 2 No.2 2021; 01-08.

Anastasia Yekti Heningnurani, Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Program Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit Indonesia Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Indonesia.2019.Jurnal Arsi.p.157-60.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. and Miniard, P.W. 1995. Consumer Behavior, 8th d, Orlando: The Dryden Press.

Data Primer Rumah Sakit Haji Jakarta Tahun 2022-2023.

Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009.

Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta2009.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Alifiana Ayu Delima,.2022. Analisis Bauran Pemasaran Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Dr. Hasari Ainun Habibie Berdasarkan Profesi. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management p-ISSN : 2797-9725e-ISSN : 2777-0559 Vol. 2 No. 2 Mei - Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats