Analisis Strategi Marketing Physical Evidence Terhadap Pengembangan Layanan Di Rumah Sakit TK.II Prof. dr. J.A Latumeten Ambon
Abstract
Latar Belakang: Sebagian besar rumah sakit dan organisasi pelayanan kesehatan lainnya mengalami
berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan dihadapi adalah permasalahan pemasaran, dimana
organisasi tersebut menghadapi variabel-variabel yang senantiasa berubah di pasar, yakni perubahan
peraturan perundang-undangan oleh pemerintah, persaingan yang sangat ketat, pasien yang semakin
kritis, dan lain-lain. Secara umum tersedianya fasilitas dan tenaga Kesehatan rumah sakit Tk.II prof. dr.
J.A Latumeten cukup memadai dan sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di
rumah sakit, namun masih terdapat beberapa sarana dan prasarana di rumah sakit yang kurang
diperhatikan sehingga dapat memicu keluhan dari pasien maupun petugas internal sendiri. Penelitian ini
bertujuan Untuk menganalisis strategi marketing physical evidence dalam upaya pengembangan
layanan di rumah sakit TK. II Prof. dr. J.A Latumeten tahun 2023.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, Pengumpulan data
primer diperoleh dengan wawancara mendalam (deep interview), Focus Group Discussion, dan observasi
secara langsung di rumah sakit TK. II Prof. dr. J.A Latumeten. Data sekunder diperoleh dengan menelaah
laporan rencana strategi jangka pendak dan jangka Panjang.
Hasil Penelitian: hasil rekapitulasi indicator physical Evidence untuk facility Eksterior 76,87% dengan
katagori baik, Facility interior 72,81 katagori baik, dan Other tangible Element 81,25% katagori sangat
baik.
Kata Kunci : Physical Evidence, MCUA, Pengembangan Layanan.
berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan dihadapi adalah permasalahan pemasaran, dimana
organisasi tersebut menghadapi variabel-variabel yang senantiasa berubah di pasar, yakni perubahan
peraturan perundang-undangan oleh pemerintah, persaingan yang sangat ketat, pasien yang semakin
kritis, dan lain-lain. Secara umum tersedianya fasilitas dan tenaga Kesehatan rumah sakit Tk.II prof. dr.
J.A Latumeten cukup memadai dan sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di
rumah sakit, namun masih terdapat beberapa sarana dan prasarana di rumah sakit yang kurang
diperhatikan sehingga dapat memicu keluhan dari pasien maupun petugas internal sendiri. Penelitian ini
bertujuan Untuk menganalisis strategi marketing physical evidence dalam upaya pengembangan
layanan di rumah sakit TK. II Prof. dr. J.A Latumeten tahun 2023.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, Pengumpulan data
primer diperoleh dengan wawancara mendalam (deep interview), Focus Group Discussion, dan observasi
secara langsung di rumah sakit TK. II Prof. dr. J.A Latumeten. Data sekunder diperoleh dengan menelaah
laporan rencana strategi jangka pendak dan jangka Panjang.
Hasil Penelitian: hasil rekapitulasi indicator physical Evidence untuk facility Eksterior 76,87% dengan
katagori baik, Facility interior 72,81 katagori baik, dan Other tangible Element 81,25% katagori sangat
baik.
Kata Kunci : Physical Evidence, MCUA, Pengembangan Layanan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i3.3390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.