Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Pada Pasien Rawat Jalan BPJS Di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok Tahun 2023

Ronal Simanulang, Yuli Prapanca Satar, Ahdun Trigono, Lilis Kurniah

Abstract


Tesis ini membahas tentang Pengaruh bauran pemasaran dan karakteristik konsumen
terhadap persepsi tentang mutu pelayanan pasien rawat jalan BPJS di Rumah Sakit Citra Arafiq
tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran dan
karakteristik konsumen terhadap persepsi tentang mutu layanan pada pasien rawat jalan yang
menggunakan BPJS di RS Citra Arafiq Depok pada tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk
memahami bagaimana strategi pemasaran dan karakteristik konsumen mempengaruhi persepsi
pasien tentang mutu layanan dalam konteks rawat jalan BPJS.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan variabel independen yaitu karakteristik
responden (umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan) dan bauran pemasaran
(promosi,proses, orang,dan bukti fisik) dengan variabel dependen yaitu persepsi tentang mutu
pelayanan pasien rawat jalan BPJS RS Citra Arfiq. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
cross sectional, dengan jumlah sampel 110 responden yang merupakan pasien baru ataupun
lama di poliklinik rawat jalan tahun 2023. Untuk menguji analisis univariat digunakan analisis
distribusi frekuensi, sedangkan untuk menguji analisis bivariat menggunakan uji kai kuadrat.

Hasil analisis mutu pelayanan rawat jalan menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan
antara karakteristik responden dengan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan rawat jalan
karena p value > 0,05. Namun terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran

Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit

2
terhadap persepsi mutu pelayanan rawat jalan BPJS karena p value < 0,05. Yaitu ada hubungan
dengan bauran pemasaran proses terhadap persepsi tentang mutu pelayanan rawat jalan BPJS
(p=0,000), ada hubungan bauran pemasaran dengan orang (people) terhadap persepsi tentang
mutu pelayanan rawat jalan BPJS (p=0,000), ada hubungan bauran pemasaran dengan promosi
terhadap persepsi tentang mutu pelayanan rawat jalan BPJS (p=0,000), dan ada hubungan
bauran pemasaran dengan bukti fisik terhadap persepsi tentang mutu pelayanan rawat jalan BPJS
(p=0,001).

Kata Kunci : Bauran Pemasaran (promosi,proses,orang,bukti fisik )Persepsi, Mutu Pelayanan,
Rawat Jalan BPJS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i3.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats