Analisis Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Pendingin di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit

Wanda Brain, Cicilia Windiyaningsih, Haidar Istiqlal

Abstract


Berkembangnya teknologi informasi saat ini yang begitu pesat, merambah pada segala bidang. Salah satunya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit. Pemeliharaan alat pendingin mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang aktivitas kelancaran pelayanan pada rumah sakit. Memberikan pelayanan terhadap masyarakat sebagai salah satu tugas dan fungsi rumah sakit milik Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit dituntut harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Dalam memberikan pelayanan yang harus maksimal terhadap masyarakat, pelayanan yang harus diberikan bukan hanya memberikan pelayanan secara medis tetapi juga harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal dari sarana, prasarana dan alat kesehatan yang harus berfungsi dengan baik dan layak pakai sesuai standar peraturan yang berlaku. Pemeliharaan alat pendingin pada Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit masih menggunakan metode manual dalam hal kegiatan administrasi pemeliharaan alat pendingin dan pembuatan laporan, sehingga masih kurang efektif dikarenakan mengakibatkan penumpukan kertas, resiko kehilangan data tinggi serta membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pemeliharaan alat pendingin berbasis web. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka yang dilakukan selama satu bulan. Metode pengembangan sistem yang dipakai adalah metode prototype yaitu mendengarkan pelanggan dan membangun/memperbaiki mock up. Hasil dari sistem usulan yang dibuat adalah prototype sistem informasi pemeliharaan alat pendingin berbasis web yang akan mempermudah petugas dalam melakukan kegiatan administrasi pemeliharaan alat pendingin dan pembuatan laporan pemeliharaan alat pendingin sehingga dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktivitas kelancaran pelayanan pemeliharaan alat pendingin pada Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit.

Kata Kunci: Sistem, Pemeliharaan, Catat, Administrasi.

Full Text:

PDF

References


Ari Wibisono, K., Supriono, S., & Eviana Sari, A. (2022). PENGARUH KOMPETENSI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL ORIA JAKARTA PUSAT. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(1), 69–78. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i1.108

Candra, L., Widodo, M. D., & Tonis, M. (2018). Analisis Sistem Manajemen dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Tahun 2016. KESMARS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit, 1(1), 49–53. https://doi.org/10.31539/kesmars.v1i1.150

Dinata, F. H., Nurmawati, I., & Muflihatin, I. (2020). Evaluasi Sistem Pendaftaran Online dengan Metode Technology Acceptance Model di Rumah Sakit Umum Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 226–233. https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i3.2048

Han, E. S., Goleman, D., Boyatzis, R., & Mckee, A. (2019). Efektivitas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasdiansah, H. (2019). Pembuatan Program Aplikasi Pemeliharaan Mesin Terjadual Di Laboratorium Mekanik Polman Negeri Bangka Belitung. Manutech : Jurnal Teknologi Manufaktur, 10(02), 23–30. https://doi.org/10.33504/manutech.v10i02.64

Isnaya, S. D. (2018). Analisis Deskriptif Sebaran Kasus Rawat Inap Pasien BPJS Golongan PBI di Bangsal Obsgyn Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak Triwulan I. Skripsi. Fakultas Kesehatan. Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 5, 1–16.

Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

Peck, S., Burch, J., & Grudnitski, G. (1990). Information Systems: Theory and Practice. The Journal of the Operational Research Society, 41(10). https://doi.org/10.2307/2583281

Pressman, R. S. (2009). Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Ed - Roger S. Pressman. In Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Ed - Roger S. Pressman. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pujianto, H., & Rokhmah, S. (2021). Analysis of “E-Patient UNS” Application System for Online Registration of UNS Hospital Patients. International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 2(1), 9–12. https://doi.org/10.29040/ijcis.v2i1.23

Riseetyawan, A., Sularto, Sari, A. E., & Badrunsyah. (2022). THE EFFECT OF FACILITIES AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION OF GAS STATION IN SETU BEKASI, WEST JAVA. MARGINAL : JOURNAL OF MANAGEMENT, ACCOUNTING, GENERAL FINANCE AND INTERNATIONAL ECONOMIC ISSUES, 1(2), 27–36. https://doi.org/10.55047/marginal.v1i2.130

Sugiyono. (20018). “Metode Penelitian Pendidikan” hal:308-309. Metode Penelitian, 22–34.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats