Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) RSKD Duren Sawit dengan Metode EUCS

Nina Marliana, Cicilia Widyaningsih, Haidar Istiqlal

Abstract


Penumpukan antrian pasien pada proses pendaftaran merupakan suatu masalah yang dapat di jumpai di semua Rumah Sakit, salah satunya di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, untuk mengatasi masalah tersebut Rumah Saki Khusus Daerah Duren Sawit telah melakukan inovasi pelayanan dengan menggunakan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) sejak tahun 2020 dalam melayani pendaftaran pasien yang berobat ke Rumah Sakit, faktor keberhasilan implementasi sistem informasi terletak pada kepuasan pengguna sistem tersebut, namun di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit belum pernah di lakukan evaluasi kepuasan pengguna Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian crossectional, penelitian di lakukan di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit pada rentang waktu bulan Nopember-Desember 2022. Pengambilan sampling menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 200 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable conten (0,070), variable format (0,016), variable timeline (0,000), variable kemudahan (0,001) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) sedangkan variable akurasi (0,826) tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Saran : Manajemen Rumah Sakit melakukan sosialisasi secara terus menerus cara menggunakan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dengan memasang video tutorial berjalan cara menggunakan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dekat dengan mesin anjungan, di buat dan di tempel alur penggunaan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dekat dengan mesin anjungan.

Kata kunci  : Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM); Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) 


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, D., & Budiman, B. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Rumah Sakit Majalengka Mobile Menggunakan Metode End-User Computing Statisfaction. INFOTECH Journal, 6, 10–17.

Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330

Ar-Rasyid, T. Y. R., Hanggara, B. T., & Rachmadi, A. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 2308–2317. http://j-ptiik.ub.ac.id

Aswad, A. A., Dai, R. H., & Ahaliki, B. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Sim-Rs Menggunakan Metode Eucs di RSUD Prof.Dr.H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Journal Of Systen And Information Technology, 2(1), 20–26.

English, I., Di, C., Tangerang, C., Dido, D., Tj, J., & Suwita, J. (2020). Mahasiswa STMIK Insan Pembangunan Dosen STMIK Insan Pembangunan pengaplikasian Sistem informasi administrasi pada Intensive English Course Ciledug Mas ? dan membuat Sistem informasi administrasi pada Intensive English Course Ciledug Mas ? 3 . Bagaimana ca. 8(1).

Informasi, S., Aset, M., & Berbasis, S. (2018). Indonesian Journal of Business Intelligence. 1(1).

Pratiwi, R. D. (2020). HUBUNGAN KEPUASAN PENGGUNA ANJUNGAN PENDAFTARAN ANISA NURSAFITRI, Rita Dian Pratiwi, S.Kep., M.P.H.

Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i1.1307

Rahayu, S. (2018). Evaluasi Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri di RSUD Wates Kulon Progo. Karya Tulis Ilmiah, 1–68.

Rahmahayatri, S. (n.d.). Kinerja Penerapan Sistem Pelayanan Pada Pendaftaran Online Rawat Jalan Di RSUP M Djamil Kota Padang Sumatera Barat.

Rasman. (2012). Gambaran Hubungan Unsur - unsur End User ComputingSatisfaction. Depok: Universitas Indonesia.

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Mensesneg, September, 1–2. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37589/uu-no-11-tahun-2008

Rumana, N. A., Putra, D. H., Widjaja, L., Maharami, I., & Hidayat, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Aplikasi Pendaftaran Online Menggunakan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ) di RSUP Fatmawati. 4(1).

Sabdana, I. W. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (Sirs) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1), 3–4.

Sabrina, M., Ulfa, H. M., & Azlina. (2021). Gambaran Dukungan Penggunaan APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2020. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(2), 159–170. https://doi.org/10.25311/jrm.vol1.iss2.398

Sari, A. P., & Syamsuddin, M. A. (2018). Analisis Faktor End User Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna: Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Madya Balikpapan. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 1(2), 92–101. https://doi.org/10.31092/jpi.v1i2.196

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 64–68.

Shiila Nika Adiffa, & Masturoh, I. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) Di RSU Pakuwon Sumedang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 7(2), 144–153. https://doi.org/10.52943/jipiki.v7i2.1023

Siregar, Y. D. F. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode Eucs Di Rsud Doloksanggul Tahun 2020. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 7(1), 581–593.

Studi, P., Informasi, S., Hulu, T., & Riau, T. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-JURNAL PADA PRODI SISTEM. 1, 33–49.

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan SPT Pajak. Prosiding SNATIF, 4, 303–309.

Kotler, Philip & Armstrong. 2012. Marketing Management. 14th Edition. Pretice Hall: New Jersey.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. Pretice Hall: New Jersey.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua Belas, Jilid 1, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. PT. Indeks: Jakarta

Eva Nurhalifah, Arif Haryana, Nurminingsih. 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Reward Terhadap Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Kaliaren Jaya Plywood). Jam vol. 11 No 1. 10.52643/jam.v11i2.1778

Sugeng Santoso, Asim. 2020. Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah. JAM vol 10 no 2. 10.52643/jam.v10i2.1131




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i1.2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats