Analisis Waktu Tunggu Pasien Poliklinik Obgyn Untuk Mendukung Pelayanan Prima Di Rumah Sakit Ibu dan Anak Andhika

Putri Zayanthy, Agusdini Banun Saptaningsih, Nurcahyo Andarusito

Abstract


Waktu tunggu adalah waktu yang digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan bagi pasien. Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana RS mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu hal yang memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien dan berdampak kepada mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini terbatas pada pasien poliklinik Obgyn yang melakukan proses pendaftaran sampai pelayanan di poliklinik Obgyn oleh dokter spesialis Obgyn di RSIA Andhika bulan Juli – Sepetmber tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi selama penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa rata-rata waktu tunggu pasien poliklinik Obgyn yaitu 87 menit. Sedangkan berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI No.129/Menkes/SK/II/2008 tentang waktu tunggu pasien yaitu kurang atau sama dengan 60 menit. Oleh karena itu harus dilakukan perbaikan untuk mempersingkat waktu tunggu yang dibutuhkan pasien dalam mendapatkan pelayanan yang prima di RSIA Andhika.

 

Kata Kunci : Waktu Tunggu, Poliklinik Obgyn, Pelayanan Prima


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

StatCounter

View My Stats