Hubungan Antara Kompetensi, Beban Kerja, Dan Masa Kerja Dengan Waktu Tanggap Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Medirossa Cikarang

Arry Nurzaman, Cicilia Windiyaningsih, Sonya Dewi Wulandari

Abstract


 

Pendahuluan, Waktu tanggap merupakan indikator keberhasilan menangani pasien instalasi gawat darurat (IGD). Kecepatan dan ketepatan dalam menangani pasien gawat darurat sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara kompetensi, beban kerja, dan masa kerja perawat di IGD RS. Medirossa Cikarang, serta faktor mana yang paling dominan mempengaruhi waktu tanggap. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 21 orang. Hasil penelitian terdapat hubungan yang bermakna beban kerja ( p = 0,004, r=0,595), dan masa kerja (p = 0,008, r=0,563) dengan waktu tanggap perawat di IGD RS. Medirossa Cikarang.  Faktor yang paling dominan yang berpengaruh terhadap waktu tanggap yaitu beban kerja. Kesimpulan Perawat di IGD RS. Medirossa Cikarang sebagian besar memiliki waktu tanggap cepat, dimana faktor yang mempengaruhi waktu tanggap yaitu beban kerja. Saran kepada Rumah Sakit agar dapat memberikan pelatihan, meningkatkan fasiltas dan sarana, serta mengadakan forum diskusi terbuka untuk perawat di IGD.  


Full Text:

PDF

References


Gobel, Y., Wahidin, dan Muttaqin. Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat darurat Rumah Ssakit Umum Daerah Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara. 2018; 24(3): 177-188.

Muwardi. Materi Pelatihan PPGD. 2003. Surakarta.

Rahmanto, T.Y. Response Time Penanganan Sindroma Koroner Akut (SKA) di Instalasi Rawat Darurat RSU. Pandan Arang Boyolali Jawa Tengah. Berita Ilmu Keperawatan.

; 1(3).

Said, S., dan Mappanganro, A. Hubungan beban kerja Perawat Dengan Respon Time Pada Penanganan Pasien di Instalasi Gawat darurat Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. 2018; 3(1) : 71-81.

Sabriyati, W.N.I., Islam, A.A., dan Gaus, S. Faktor-faktor yang berhubungan dengan ketepatan waktu tanggap penanganan kasus pada response time 1 di Instalasi Gawat Darurat Bedah dan Non Bedah RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. Universitas Unair Surabaya. 2012. Tersedia di : http://www.journal.faktor-ketepatanwaktu.org.web.ref.html. Diakses pada tanggal : 25 Febuari 2021.

Wiyadi., dan Rahman, G. Analisis Faktor yang berhubungan dengan waktu tanggap Pada Pasien Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD A. Wahab

Sjahranie Samarinda. 2020; 5(2): 78-84.

Ningsih, P., Wahid, A., dan Setiawan H. Beban Kerja Perawat dengan Waktu Tanggap Pelayanan Keperawatan

Berdasarkan Kategori Triage. Nerspedia. 2018; 1: 20-27.

Puspitasari, D.I., Widjajanto, E., dan Rini, I.S. Hubungan Kompetensi Perawat Gawat Darurat Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. H. Mohammad Anwar Sumenep Dan RSUD Sampang. Jurnal Kesehatan Wiraraja

Medika. 2015; 5(2): 79-88.

Ayu, M.M. Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Perawat Instalasi Gawat darurat Di RSU DR FL Tobing Kota Sibolga Tahun 2016. 2016. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Junidar, S. Hubungan Beban Kerja Perawat Dengan Response time Pada Penanganan Pasien di IGD (Instalasi Gawat Darurat) RSUD Rantauprapat Tahun 2019. 2020. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Kambuaya, P.R., Kumaat, L.T., dan Onibala, F. Hubungan Beban Kerja Perawat dengan waktu Tanggap Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Menurut Persepsi Pasien di IGD RSUD Kabupaten Sorong. E-journal Keperawatan. 2016; 4(1): 1-9.

Asmawi., Hadju, A., dan Amiruddin, R. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Instalasi Gawat darurat Dalam Melakukan Triase di RSUD kabupaten Majene. JST Kesehatan. 2017; 7(4): 389 – 394.

Kurniadi A. Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya. Teori, Konsep dan Aplikasi. 2013. Jakarta. Badan Penerbit FKUI.

Yudi, D., Tangka, J.W., Wowiling, F. Hubungan Beban Kerja Fisik dan mental Perawat dengan Penerapan Patient Safety di IGD dan ICU RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. E-Journal Keperawatan. 2019;

(1): 1-9.

Wiyadi., dan Rahman, G. Analisis Faktor yang berhubungan dengan waktu tanggap Pada Pasien Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD A. Wahab

Sjahranie Samarinda. 2020; 5(2): 78-84.

Suryandari, D. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat di IGD RSUD di Yogyakarta. 2018. Tesis. Program Studi Manajemen Rumah Sakit Unversitas Muhammadiyan Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.