PERTAMBAHAN BERAT BADAN KOLONI DAN PANJANG BADAN CACING TANAH (Lumbricus rubellus) DALAM MEDIA KOMPOS DAUN DAN KOMPOS KOTORAN GAJAH

Sapril Muksin, Endjang Manshur, Ryan Firmansyah

Abstract


Salah satu teknik pengolahan sampah adalah dengan pengolahan secara hayati yaitu dengan menggunakan cacing tanah sebagai pengomposnya. Kotoran gajah dan sampah daun yang ada di Taman Margasarwa Ragunan yang selama ini hanya dibuat kompos ternyata bisa digunakan sebagai media pemeliharaan cacing tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Bahan yang dipergunakan yaitu kompos kotoran gajah, kompos daun dan cacing tanah jenis (Lumbricus rubellus) umur 2 minggu dan pengamatan dilakukan selama 4 (empat) minggu. Penelitian ini menggunakan 5 taraf perlakuan 5 kali ulangan dan masing-masing media diisi 50 gr cacing tanah. Perlakuan tersebut adalah P0  : 50% media kotoran gakah + 50% media kompos daun (kontrol). P1 : 100% media kompos kotoran gajah. P2 : 100% media kompos daun. P3 : 75% media kompos kotoran gajah + 25% media kompos daun. P4 : 25% media kompos kotoran gajah + 75% media kompos daun. Parameter yang diukur meliputi pertambahan berat badan cacing tanah dan pertambahan panjang badan cacing tanah.

Hasil penelitian ini menunjukkan media kompos kotoran gajah dan 75% media kompos kotoran gajah + 25% media kompos daun berpengaruh nyata dan 100% media kompos daun tidak berpengaruh nyata. Penelitian ini dapat disimpulkan kompos kotoran gajah bisa dijadikan sebagai media pemeliharaan cacing tanah.

 

Kata kunci : Campuran Media, Cacing tanah, Pertambahan berat badan dan panjang badan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v9i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah RESPATI

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.