Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Pada Gresik Empire Cafe

Rizky Ayu, Mubarokah mubarokah, Risqi Firdaus Setiawan

Abstract


Bisnis cafe di Gresik saat ini semakin berkembang dengan pesat. Banyak cafe yang bermunculan dengan menjual berbagai jenis minuman kopi dan konsep yang berbeda-beda dengan keunikan tersendiri yang menjadikan persaingan semakin ketat. Melihat banyaknya cafe di Gresik membuat Gresik Empire Cafe harus berusaha maksimal dalam memenangkan persaingan yang ada. Dengan mengetahui segmenting, targeting dan positioning, maka dapat ditentukan bagaimana cara menjangkau dan mempertahankan sebuah cafe di tengah banyaknya pesaing. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis segmenting, targeting dan positioning Gresik Empire Cafe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmenting Gresik Empire Cafe berdasarkan geografis yaitu konsumen berdomisili Gresik. Segmenting demografis meliputi pelajar/mahasiswa, usia 17 – 25 tahun, jenis kelamin perempuan, pendidikan akhir SMA, pendapatan Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000. Segmenting psikografis adalah kelas sosial menengah. Segmenting tingkah laku yaitu konsumen mengetahui Gresik Empire Cafe dari media sosial dan biasa mengunjungi Gresik Empire Cafe bersama teman. Targeting Gresik Empire Cafe yaitu anak muda yang suka nongkrong. Positioning Gresik Empire Cafe yaitu memposisikan produknya dengan cara menawarkan fasilitas seperti suasana yang nyaman dan konsep cafe yang unik serta harga yang terjangkau.

Kata kunci : segmenting, targeting, positioning

Full Text:

PDF

References


Kotler, P dan Keller, L. K. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Erlangga, Jakarta.

Miles, M. B, Huberman, A. M & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Radjab, Enny & Jam’an, Andy. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rasmikayati, E., Pandi, P., Hepi, H., Risyad, M. I & Bobby, R. S. 2017. Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Vol. 3(2): 117 – 133.

Sholihah, Isna Aminatus. 2020. Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 8. No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Gendut & Nurawati, Lina. 2016. “Kontribusi Human Capital dan Costumer Capital dalam Menggapai Kinerja Cafe dan Resto di Surabaya”. Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 15 No. 2.

Ujang, S. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v16i2.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter