Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk UMKM Bumbu Rujak Manis Cak Mimin

Clara Sita Maharani, Indra Tjahaja Amir, Prasmita Dian Wijayati

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat sehingga membuat persaingan usaha atau bisnis akan semakin ketat. Para pelaku usaha dituntut untuk dapat berinovasi dengan menyesuaikan selera dan kebutuhan konsumen supaya konsumen dapat merasa puas. Citra merek, promosi, dan kualitas produk merupakan bagian dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen yang pernah membeli dan mengonsumsi bumbu rujak manis Cak Mimin dan mengetahui pengaruh citra merek, promosi, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada produk bumbu rujak manis Cak Mimin. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Data primer dikumpulkan melalui wawancara kepada owner Cak Mimin dan kuisioner dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis deskriptif karakteristik konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen berjenis kelamin perempuan, berusia 17-25 tahun, bertempat tinggal di Surabaya, pendidikan sarjana dan SMA/SMK, bekerja sebagai wiraswasta dan pelajar dan berpenghasilan rendah dan menengah, serta frekuensi pembelian 1-2 kali. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (p=0,001). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (p=0,017). Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (p=<0,001).

Keywords


Citra merek, Promosi, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


ASEAN Investment Report. 2022. Databoks (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ diakses pada Mei 2023)

Diskop UKM. 2022. (diskopukm.jatimprov.go.id diakses pada Mei 2023)

Jonathan, S. Skripsi, Jurusan Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta. (2021). Kepuasan Pelanggan Aplikasi Belanja Online Shopee.

Tjiptono, F. and Anastasia, Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi Pemasaran. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan 5th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, KL. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurnia, M., & Suwiknyo, M. (2018). Kepuasan Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(01). https://doi.org/10.30651/blc.v15i01.1264

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management -15/E. Essex, England: Pearson Education.

Dini, D. A., & Mashariano. (2017). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap kepuasan konsumen produk consina cabang surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(10), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1917/1923

Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador , Brand Image , and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya , Indonesia. SHS Web of Conferences, 01023. https://doi.org/https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023

Dwiarta, I. M. B. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Varia Usaha Beton di Sidoarjo. Majalah Ekonomi, 1411, 46–60.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(5), 17.

Mardiyah, N. K. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Naavagreen Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/14390/

Suastini, I.A.K.S. dan Mandala, K. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen. Vol. 8. No. 1. Hal. 7044-7072

Pandi Putra. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap. Jurnal Kewirausahaan, 8(2338–2716), 70–76.

Afifah, R.N. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang).

Tan, D. Skripsi, Jurusan Manajemen, Universitas Putera Batam. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di PT Indoland Batam.

Nurlael, S., Aprianto, R., Rabeta, Y., Suwarno, & Kesuma, I. M. (2022). Product Quality, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Customer Satisfaction Pengguna SIM Card Telkomsel Kota Lubuklinggau. JAMBU AIR: Journal of Accounting Management Business and International Research, 1(2), 123–132.

Imam Ghozali dan Hengky Latan. (2014). Partial Least Square Konsep, Metode Dan Aplikasi Menggunakan Program Warp PLS 4.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jogiyanto. (2009). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholiha, E. U. N., & Salamah, M. Tugas Akhir Sarjana, Jurusan Statistika, Universitas ITS, (2015). SEM-PLS Untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Abdillah, Willy dan Jogiyanto Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Struktural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: ANDI

Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). European business review.

Rismawati, S. S. &. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sirkah Purbantara Utama. 10(19), 1–18.

Andhika, A., Hasanah, A. U., Rahmawati, I., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Harga , Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen ( Study Kasus Cafe Inspirasi Corner ). 1(2), 124–129.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v15i1.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.