Pengaruh Faktor Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Bumbu Instan Sajiku di Surya Mart Kabupaten Ponorogo

Berliana Rahmawati, Teguh Soedarto, Nuriah Yuliati

Abstract


Pola hidup Masyarakat terdiri dari gaya hidup, adat istiadat, serta pola pangan. Pola konsumsi seseorang dapat mencerminkan gaya hidupnya. Masyarakat memiliki gaya hidup yang bermacam-macam, seperti gaya hidup menengah keatas dan gaya hidup menengah ke bawah. Masyarakat di era modern ini cenderung menyukai hal-hal yang praktis, instan terutama dalam hal memasak. Bumbu instan siap pakai menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memasak, dikarenakan penggunaannya yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Selain itu, harga bumbu instan juga sangat ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap bumbu instan Sajiku dan menganalisis adanya pengaruh faktor pribadi serta faktor psikologis terhadap pembelian bumbu instan Sajiku. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling yang menggunakan teknik purposive sampling, dilakukan di Surya Mart Kabupaten Ponorogo. Populasi yang terdapat pada penelitian ini berjumlah 50 konsumen yang membeli bumbu instan Sajiku di Surya Mart Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian persepsi paling baik dari konsumen pada faktor pribadi diberikan oleh indikator gaya hidup, dan pada faktor psikologis diberikan oleh indikator sikap. Faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen.

Keywords


Purchasing decision; Consumer perception; Personal factors; Psychological factors

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v15i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.