Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) Kota Batu

Cyntia Salsabilla Aprianti, Mubarokah Mubarokah, Nuriah Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi anggota kelompok tani, persepsi wisatawan yang berkunjung, mengidentifikasi faktor internal dan ekternal agrowisata, serta mengalisis strategi pengembangan Agrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA). Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik Purposive. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi anggota kelompok tani mendapat nilai rata-rata 3,90 dengan kategori setuju, 2) persepsi wisatawan mendapat nilai rata-rata 3,83 dengan kategori setuju, 3) agrowisata petik apel KTMA berada pada kuadran II (dua), sehingga strategi yang cocok diterapkan adalah strategi diversifikasi yang dapat dilakukan dengan cara 1) meningkatkan kualitas agrowisata dengan ciri khas tersendiri, (2) meningkatkan kinerja kru agrowisata, (3) menambah keragaman produk dengan mutu terbaik, (4) memperhatikan pengaturan jarak tanam buah apel, (5) Bergabung dengan instansi pariwisata kota Batu untuk kegiatan promosi, (6) melakukan kerjasama dengan badan konversasi SDA, dan (7) melakukan penawaran harga special pada hari-hari tertentu.

Keywords


agrowisata, persepsi, strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Aisyah. 2016. “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan SWOT Pada Perusahaan POPSY TUBBY.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis .

Dahliani, Putri Millenia. 2022. “Strategi Pengembangan Agrowisata Belimbing Dewa Kelurahan Pasir Putih Kota Depok.” Universitas Diponegoro, Semarang

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung. 2017. “Cara Budidaya Tanaman Apel.” Https://Diperpa.Badungkab.Go.Id/Artikel/17750-Cara-Budidaya-Tanaman-Apel.

Fachrudin. 2014. “Kajian Pustaka Kondisi Lingkungan Dan Geografi Pariwisata.”

Kartika, Heny, Harum Sitepu, and Sulistyowati. 2022. “Analisis Kepuasan Pengunjung Dan Pengembangan Agrowisata Lembah Nirwana Di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.” AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian 40.

Kumalasari, Nurita Ayu. 2016. “Perencanaan Strategi Promosi Melalui Analisis SWOT Pada Bisnis Delicy.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1.

Pratiwi, R.2018.Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut Dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Usaha Rengginang Pulut CV Uul Jaya di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sumatera Utara.

Rahmawati, Daniar Putri. 2019. “Analisis Kepuasan Konsumen Dan Strategi Pengembangan Taman Botani Sukorambi Kabupaten Jember Sebagai Taman Wisata Berwawasan Lingkungan Yang Berkelanjutan.” Universitas Brawijaya, Malang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantra, I. Ketut. 2015. “Pengembangan Model Agrowisata Salak Berbasis Masyarakat Di Desa Sibetan.” 4:7–14.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v14i2.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.