Pengaruh Zat Pengatur Tumbuhdan Ukuran Polybag Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur

Siti M Sholihah, Luluk Syahr Banu

Abstract


ABSTRAK

Tanaman tomat banyak digemari namun terkendala masih rendahnya produksi terutama di lahan perkotaan yang sempit. Berkaitan dengan hal tersebut dalam rangka untuk meningkatkan produksi tanaman tomat  khususnya di daerah perkotaan maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang pengaruh perbedaan ukuran polibag dan zat pengatur tumbuh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat  di lahan sempit atau di daerah perkotaan. Tujuan dari penelitian ini ialah  mengetahui  pengaruh ukuran polibag dan pemberian zat pengatur tumbuh terhadap pertumbuhan  dan hasil tanaman tomat dan mengetahui pengaruh interaksi ukuran polybag dan konsentrasi zat pengatur tumbuh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri dari 12  kombinasi perlakuan, dimana setiap perlakuan diulang 3 kali. Faktor pertama adalah  konsentrasi  ZPT dan faktor 2  adalah Ukuran Polybag. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh faktor tunggal  pemberian zat pengatur tumbuh pada seluruh parameter pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor perlakuan ukuran polybag terhadap parameter bobot segar tanaman dan bobot kering tanaman tomat. Interaksi sangat nyata perlakuan pemberian zat pengatur tumbuh dan ukuran polybag terhadap jumlah daun berumur 7, 14 dan 21 HST dan jumlah bunga.

 

Kata kunci : Tomat, zat pengatur tumbuh, polybag


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v6i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah RESPATI

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.