Pengaruh Dosis Kompos Kulit Bawang Merah Terhadap Pertumbuhan Sawi Samhong (Brassica rapa)

Andreas Thata Jatra, Luluk Syahr Banu, Siti M. Sholihah

Abstract


Sawi samhong merupakan sayuran yang mempunyai nilai ekonomis dan bergizi tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis vareitas sawi lainnya. Salah satu upaya peningkatan produktivitas budidaya sawi samhong adalah dengan pemupukan. Penggunaan kompos kulit bawang merah sebagai pupuk organik pada budidaya tanaman sawi samhong, berperan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia tanah dan biologi tanah, meningkatkan pertumbuhan tanaman dan hasil panen, dan aman untuk dikonsumsi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dosis kompos kulit bawang merah terhadap pertumbuhan sawi samhong dan mengetahui dosis kompos kulit bawang merah yang menghasilkan pertumbuhan terbaik pada sawi samhong. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, pada bulan Juli sampai Agustus 2021. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan satu faktor (dosis kompos kulit bawang merah), yang terdiri atas empat perlakuan yaitu : D0 (0 gram/polibag), D1 (500 gram/polibag), D2 (1.000 gram/polibag) dan D3 (1.500 gram/polibag) diulang 6 kali. Variabel penelitian meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang daun dan bobot basah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis kompos kulit bawang merah berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang daun dan bobot basah. Perlakuan dosis kompos kulit bawang merah 1.500 gram/polibag memberikan hasil terbesar pada tinggi tanaman (27,20 cm), jumlah daun (13,70 helai), lebar daun (13,70 cm), panjang daun (24,20 cm), dan bobt basah (101,67 gr).

 

Kata kunci: pupuk organik, kompos, limbah kulit bawang merah, sawi samhong


Full Text:

PDF

References


Hartus, T., 2018. Berkebun Hidroponik Secara Murah. Penebar Swadaya, Bogor.

Fahrudin, F. 2017. Budidaya Caisim Menggunakan Ekstrak Teh dan Pupuk Kascing. (Skripsi). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Erawan, D., Yani OW., dan Bahrun A. 2013. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) pada Berbagai Dosis Pupuk Urea. Jurnal AGROTEKNOS. Vol. 3No. 1.

Triyono, A. 2013. Efisiensi Penggunaan Pupuk –N Untuk Pengurangan Kehilangan Nitrat Pada Lahan Pertanian. Jurnal Sumber Daya Lingkungan. Vol 8 No. 1.

Supartha, I Nyoman Yogi.; Gede Wijana.; Gede Minaka Adnyana. 2012. Aplikasi

jenis pupuk organik pada tanaman padi sitem pertanian organik, E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika Vol.1, No.2 Universitas Udayana

Lestari, B.K. 2016. Pengaruh Kombinasi Pupuk Kandang Sapi dan Abu Sabut Kelapa sebagai Pupuk Utama dalam Budidaya Tanaman Brokoli (Brassica oleracia L.). Journal of Agro Science.

Budiana. N.S. 2018. Hidroponik Sayuran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Banu, L.S., dan Sholihah, S.M., 2021. Efektivitas Pemberian Beberapa Dosis Kompos Kulit Bawang Merah Terhadap Serapan Hara Pada Polikultur Selada Dan Terung. Jurnal Ilmiah Respati, 12 (1).

Lingga, P. dan Marsono. 2017. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Edisi Revisi Penebar Swadaya. Jakarta.

Yikwa, P. dan L.S. Banu. 2020. Respon Polikultur Cabai Rawit dan Sawi terhadap Waktu Pengomposan dan Dosis Kompos Kulit Bawang Merah. Jurnal Ilmiah Respati, 11 (1).

Lakitan, B. 2018. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Raharjo M dan ER. Pribadi. 2013. Pengaruh Pupuk Urea, SP36 dan KCl Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb). Jurnal Littri 16 (3) : 98- 105.

Nyapka Yusup M, Lubis M.A, Pulung Anwar Mamat, Amrah Ghaffar A, Munawar Ali, Hong Ban Go, Hakim Nurhajati. 2018. Kesuburan tanah. Universitas Lampung. Palembang.

Fatma DM. 2016. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan HasilTanaman Sawi Caisim. Agronobis 1(1): 8-98.

Lahadassy. J., A.M Mulyati dan A.H Sanaba. 2017. Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Padat Daun Gamal terhadap Tanaman Sawi, Jurnal Agrisistem, 3 (6) : 51-55.

Jumin H.B. 2012.Agroteknologi Suatu PendekatanFisiologi Tumbuhan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Campbell, N. A., J. B. Reece dan L. G. Mitchell., 2012. Biology. Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v12i2.1873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.