Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Urin Domba terhadap Tanaman Pakcoy ( Brassica rapa L.) dengan Sistem Sumbu

Suhenda Suhenda, Reni Nurjasmi, Ayu Vandira Candra Kusuma

Abstract


Pakcoy merupakan salah satu jenis tanaman sayuran daun yang memiliki nilai ekonomi tinggi, bergizi, dan disukai banyak orang. Salah satu sistem budidaya tanaman pakcoy yang dapat digunakan adalah sistem sumbu. Sistem ini merupakan teknologi hidroponik yang paling sederhana dan murah. Tujuan penelitian adalah  mengetahui pengaruh penggunaan konsentrasi pupuk organik cair urin domba terhadap tanaman pakcoy serta konsentrasi yang memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy yang terbaik. Penelitian dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi menggunakan Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Semua perlakuan diberikan larutan AB Mix 50% dan penggunaan pupuk organik cair urin domba 0 ml/liter air, 5 ml/liter air, 10 ml/liter air, 15 ml/liter air, dan 20 ml/liter air.  Parameter penelitian adalah tinggi tanaman, jumlah daun per tanaman, berat segar tanaman, dan berat segar tajuk tanaman. Data dianalisis menggunakan uji F, apabila signifikan dilanjutkan dengan uji  DMRT 5 %. Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi pupuk organik cair urin domba berpengaruh nyata terhadap tanaman pakcoy pada sistem sumbu. Pada 28 Hari Setelah Tanam (HST) konsentrasi urin domba 20 ml/liter air menghasilkan tinggi tanaman dan jumlah daun tertinggi, masing-masing 26,13 cm dan 17,25 helai berbeda nyata dengan perlakuan tanpa urin domba namun berbeda tidak nyata dengan perlakuan urin domba lainnya. Konsentrasi urin domba 20 ml/liter air menghasilkan bobot basah tanaman tertinggi yaitu 120,11 gram dan berbeda nyata dengan perlakuan lainnya kecuali dengan perlakuan konsentrasi urin domba 10 ml/liter air serta bobot tajuk tanaman tertinggi yaitu 26,13 gram dan berbeda nyata dengan perlakuan lainnya.

 

Kata Kunci: Pupuk Organik Cair, Urin Domba, Pakcoy, Sistem Sumbu


Full Text:

PDF

References


Andriani, V. dan Habibah, R. N. 2019. Penambahan Konsentrasi Fe EDTA pada Nutrisi Ab Mix Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Pakchoy (Brassica Rapa L.) Sistem Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 159–163.

Purbajanti, E.D., Slamet, W., dan Kusmiyati, F. 2017. Hydroponic: Bertanam Tanpa Tanah. Edisi I. Semarang: EF Press Digimedia.

Siregar, J., S. Triyono, dan D. Suhandy. 2015. Pengujian Beberapa Nutrisi Hidroponik Pada Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Teknologi Hidroponik Sistem Terapung (THST) Termodifikasi. Teknik Pertanian, 4 (2): 65-72.

Susilawati. 2019. Dasar-Dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Swastika, S., Yulfida, A., dan Sumitro, Y. 2017. Budi Daya Sayuran Hidroponik. Cet. ke-1. Pekanbaru: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Sastro, Y., dan Rokhmah, N.A. 2016. Hidroponik Sayuran di Perkotaan. Jakarta. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Marginingsih, R.S. 2018. Pengaruh Substitusi Pupuk Organik Cair pada Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan Caisim (Brassica Juncea L.) Pada Hidroponik Drip Irrigation System. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (1): 44-51.

Fahmi, Z., Suryani., dan Siti, M.S. 2020. Pengaruh Penggunaan Pupuk Cair Organik (POC) Bonggol Pisang

Terhadap Produksi Tanaman Caisim (Brassica juncea L.) Sistem Wick. Jurnal Ilmiah Respati, 11 (2): 140-147.

Alvi, B., Ariyanti, M., dan Maxiselly, Y. 2018. Pemanfaatan Beberapa Jenis Urin Ternak Sebagai Pupuk Organik Cair Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Pada Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq.) di pembibitan utama. Kultivasi, 17(2): 622-627.

Sitorus, M.R., Irmansyah, T. dan Ezra, F. 2015. Respons Pertumbuhan Bibit Setek Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus costaricencis Web) Britton & Ross) Terhadap Pemberian Auksin Alami dengan Berbagai Tingkat Konsentrasi. Jurnal Agroekoteknologi, 3 (4): 1557-1565.

Yanto, S.E. 2017. Pengujian Pupuk Organik Cair Urine Domba Dengan Biochar Cangkang Biji Kemiri Pada Tanaman Kedelai (Glycine Max L.). Skripsi. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Medan Area, Medan.

Parmila, P., Purba, J. H., dan Suprami, L. (2019). Pengaruh Dosis Petroganik dan Kalium terhadap Pertumbuhan dan Hasil Semangka (Citrulus vulgaris SCARD). Agro Bali: Agricultural Journal, 2 (1): 37–45.

Indrawaty dan Veronika. 2016. Pengaruh Penggunaan Urin Sebagai Sumber Nitrogen Terhadap Bentuk Fisik dan Unsur Hara Kompos Feses Sapi. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan. Universitas Jambi. Jambi.

Riwandi., Prasetyo., Hasanudin., I, dan Cahyadinata. 2017. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. Yayasan Sahabat Alam Rafflesia. Bengkulu

Irwan, AW., Wahyudin, A., dan Farida. 2005. Pengaruh Dosis Kascing dan Bioaktivator Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Yang Dibudidayakan Secara Organik, Jurnal Kultivasi, 4 (2) : 136 – 140.

Rai, I.N. 2018. Dasar-Dasar Agronomi. Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Bali. Penerbit Pelawasari.

Wahyudin, A. ∙ T. Nurmala, ∙dan R. D. Rahmawati. 2015. Pengaruh dosis pupuk fosfor dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau (Vigna radiata L.) pada ultisol Jatinangor. Jurnal Kultivasi, 14 (2): 16-22.

Simanjuntak, J., H. Hanum, dan A. Rauf. 2015. Ketersediaan Hara Fosfor Dan Logam Berat Kadmium Pada Tanah Ultisol Akibat Pemberian Fosfor Alam dan Pupuk Kandang Kambing Serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung (Zea mays L.). J. Agroekoteknologi, 3 (2) : 499-506.

Wibowo, S. dan Asriyanti, S. A. 2013. Aplikasi hidroponik NFT pada budidaya pakcoy: jurnal penelitian pertanian terapan, 13 (3): 159-167.

Dominiko, T.A., Setyobudi, L. dan Herlina, N. 2018. Respon Tanaman Pakcoy (Brassica rapachinensis) Terhadap Penggunaan Pupuk Kascing dan Biourin Kambing. Jurnal Produksi Tanaman. Malang (ID): Universitas Brawijya. 6 (1).

Harjadi. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sitompul, S.M. dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. UGM-Press. Yogyakarta.

Sarief, E. S. 1986. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bandung.

Purba, J.H., Wahyuni, P.S., dan Febryan, I. 2019. Kajian Pemberian Pupuk Kandang Ayam Pedaging dan Pupuk Hayati terhadap Pertumbuhan dan Hasil Petsai (Brassica chinensis L.). Agro Bali: Agricultural Journal, 2 (2): 77-88.

Margaretha, S., Yafizham, K.F. Hidayat., dan A. Karyanto. 2015. Pengaruh Kombinasi Dosis Pupuk Anorganik Dan Pupuk Slurry Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.). J. Agrotek Tropika, 3 (1): 18-23.

Syekhfani. 2000. Arti Penting Bahan Organik Bagi Kesuburan




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v12i2.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.