Analisis Objektif Pengetahuan Laboratorium Kesehatan Tentang Manfaat Alat Pelindung Diri di Laboratorium Universitas Respati Yogyakarta

Naomi Suprayudha, Suwarto Suwarto, Yoseph Emanuel Pati

Abstract


Abstrak

 

Latar Belakang:Dari studi pendahuluan yang dilakukan di laboratorium kesehatan Universitas Respati Yogyakarta, data atau informasi yang kami dapatkan sangat menjadi masalah sebab dari 5 petugas laboratorium/ laboran yang kami wawancarai, hanya 2 laboran yg rutin menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) disetiap kegiatan praktikum di laboratorium,

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk Kajian Analisis objektif pengetahuan petugas laboratoruim kesehatan tentang manfaat alat pelindung diri di laboratorium kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif artinya adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasar pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia.

Hasil Penelitian: Petugas laboran mempunyai pengetahuan yang cukup baik terhadap manfaat penggunaan alat pelindung diri yang terdapat dilaboratorium, secara keseluruhan petugas laboratorium memahami fungsi dari APD dan manfaatnya, penggunaan Alat pelindung diri belum terdapat secara khusus tentang standar pengunaan APD sesuai SOP yang berlaku, kepatuhan Petugas laboran tentang manfaat penggunaan alat pelindung diri sudah sesuai dengan tata tertib yang berlaku dilaboratorium, sarana dan prasana terkait pengunaan alat pelindung diri sudah cukup baik.

Kesimpulan : Petugas laboran mempunyai pengetahuan yang cukup baik terhadap manfaat penggunaan alat pelindung diri yang terdapat dilaboratorium

 


Full Text:

PDF

References


A.M. Sugeng Budiono. 2003. Bunga Rampai Hiperkes dan KK Higiene Perusahaan Ergonomi Kesehatan kerja Keselamatan Kerja. Semarang: Universitas Diponegoro.

A Partanto, Pius dan M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Apriliani Siburian. 2008. “Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terhadap Keselamatan Kerja Perawat IGD RSUD Pasar Rebo Tahun 2012”. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Standar Laboratorium Kebidanan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: Bakti Husada.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyanti S, Putri HM. 2011. Pengendalian Infeksi Silang di Klinik Gigi. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soekidjo Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarwaka. 2008. Keselamatan dan kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasinya di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Wahyu Wijayanto. 2015. “Hubungan Motivasi Perawat dengan Perilaku Pemakaian Alat Pelindung Diri Saat Melakukan Kemoterapi di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi.” Skripsi. Surakarta: STIKES Kusuma Husada.




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v10i2.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License