Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan Melalui Perbaikan Alur Pendaftaran UPTD Puskesmas Mekarsari
Amalia Ratna Alfiandary, Nasriah Damayanthie, Elfrida Rooslanda, Ririn Citra Aprilianti, Ratu Ayu Dewi Sartika, Dian Ayubi
Abstract
Peningkatan jumlah kunjungan di UPTD Puskesmas Mekarsari terjadi pada pandemi COVID-19. Upaya peningkatan proses pelayanan yang berkesinambungan dan konsisten perlu dilaksanakan untuk meningkatkan mutu serta keselamatan pasien dan tenaga kesehatan di Puskesmas Mekarsari. Studi ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dan menerapkan siklus PDCA (Plan/merencanakan, Do/melaksanakan, Check/memeriksan, dan Action/menindak) sebagai siklus untuk perbaikan dan peningkatan proses. Siklus PDCA dilaksanakan melalui kegiatan mengidentifikasi masalah, melakukan upaya pemecahan masalah, serta mengevaluasi upaya pemecahan masalah yang telah dilakukan di Puskesmas Mekarsari. Dilakukan intervensi terkait perubahan alur pelayanan pendaftaran sehingga menyebabkan peningkatan kecepatan waktu pelayanan pendaftaran. Setelah dilakukan intervensi, waktu pelayanan pendaftaran sesuai dengan target mutu puskesmas.
Kata Kunci: Alur Pelayanan Pendaftaran, Puskesmas, Proyek Peningkatan Mutu
DOI:
https://doi.org/10.52643/jbik.v14i4.5421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan
JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License