Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Ispa Pada Balita (1-4 Tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2023

Anasya Amalia, Farrah Fahdhienie, Fadhlullah Fadhlullah

Abstract


Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernafasan bagian atas dan saluran pernafasan bagian bawah. ISPA disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri. Balita sering terkena ISPA, dan gejalanya bervariasi tergantung jenis infeksi. ISPA dapat berdampak pada gangguan tumbuh kembang balita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada balita usia 1-4 tahun diwilayah kerja Puskesmas Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2023. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh ibu yang memiliki balita diwilayah kerja Puskesmas Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 81 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi sebagai instrumen penelitian, selanjutnya dilakukan uji statistik dengan uji chi-square menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa 66,7% kejadian ISPA pada balita, 53,1% pengetahuan ibu kurang baik, 56,8% status anggota keluarga ada merokok, 60,5% ada penggunaan obat nyamuk, 55,6% ventilasi rumah tidak memenuhi syarat. Dari hasil analisis bivariat didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu (p-value 0,00), status merokok (p-value=0,00), penggunaan obat nyamuk (p-value=0,00), ventilasi rumah (p-value=0,00) dengan kejadian ISPA pada balita usia 1-4 tahun diwilayah kerja Puskesmas Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2023. Disarankan kepada Pihak Puskesmas agar lebih sering memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang bahaya ISPA pada balita, agar anak usia tersebut dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran penafasan akut (ISPA). Disarankan kepada orang tua khususnya ibu agar lebih menjaga kesehatan balita dan lingkungan sekitar, agar balita dapat terhindar dari ISPA.

Keywords


Kejadian ISPA Pada Balita; Pengetahuan Ibu; Status Merokok; Penggunaan Obat Nyamuk; Ventilasi Rumah

Full Text:

PDF

References


KementerianKesehatanRI, "Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan," ed, 2020.

A. P. Gusti, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Penyakit Ispa Pada Balita Di Desa Sidomulyo Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri Kabupaten Madiun," STIKES BHAKTI HUSADA MULIA, 2017.

R. K. Pasaribu, H. Santosa, S. Kumala, N. Nurmaini, and D. Hasan, "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada Balita Di Daerah Pesisir Kota Sibolga Tahun 2020," Syntax Idea, vol. 3, no. 6, pp. 1442-1454, 2021.

S. B. N. Suhada, C. Novianus, and I. R. Wilti, "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Ispa pada Balita di Puskesmas Cikuya Kabupaten Tangerang Tahun 2022," ENVIRONMENTAL OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY JOURNAL, vol. 3, no. 2, pp. 115-124, 2023.

Riskesdas, "Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan," ed: Riset Kesehatan Dasar Republik Indonesia, 2018.

RiskesdasAceh, "Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan," ed: Aceh, 2018.

PuskesmasBandar, "Data Kasus Ispa Di Puskesmas Bandar," ed. Puskesmas Bandar kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah Puskesmas Bandar kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah 2023.

S. Notoatmodjo, "Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, PT Rineka Cipta," Profil Sma, vol. 2, 2012.

A. S. Lubis, "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA di Wilayah Puskesmas Sentosa Baru Medan," Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019.

Z. Ahmad, "Hubungan Terdapatnya Anggota Keluarga yang Merokok dengan Kejadian ISPA pada Balita: Sebuah Tinjauan Sistematis," Universitas Andalas, 2021.

S. Aisyah, "Literature Review: Faktor Risiko Kejadian Stunting Pada Balita (0-59 Bulan) Di Wilayah Indonesia," 2021.

N. Nenitriana, M. Miswan, and Z. Tasya, "Hubungan Kondisi Fisik Rumah dengan Kejadian ISPA pada Anak Balita di Desa Taopa Wilayah Kerja Puskesmas Taopa Kabupaten Parigi Moutong," Jurnal Kolaboratif Sains, vol. 1, no. 1, 2018.

A. Handaratri, Z. K. Putra, and S. D. Ulhaq, "Desain Obat Nyamuk Elektrik dari Minyak Atsiri Serai Wangi (Cymbopogon Nardus L.)," Prosiding SENIATI, vol. 6, no. 3, pp. 675-682, 2022.

N. Nabila, "Hubungan Penggunaan Obat Anti Nyamuk Dengan Riwayat Pneumonia Pada Balita," Darussalam Indonesian Journal fo Nursing and Midwifery, vol. 4, no. 2, pp. 31-40, 2022.

M. Iqbal, "Hubungan Pengetahuan, Kebiasaan Menggunakan Obat Nyamuk Bakar, Dan Merokok Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Di Puskesmas Kuin Raya Banjarmasin Tahun 2020," Universitas Islam Kalimantan MAB, 2020.

V. Medhyna, "Hubungan Lingkungan Fisik Rumah Dengan Kejadian Ispa Pada Bayi," Maternal Child Health Care, vol. 1, no. 2, pp. 82-86, 2019.

A. Istifaiyah, A. A. Adriansyah, and D. Handayani, "Hubungan Ventilasi Dengan Kejadian Penyakit Ispa Pada Santri Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya," Jikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, vol. 15, no. 2, pp. 81-87, 2019.

A. C. Dewi, "Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik Rumah dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gayamsari Kota Semarang," Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, vol. 1, no. 2, p. 18802, 2012.




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v14i1.4116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License