Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pemberian Obat di Ruang Rawat Inap RS Rawa Lumbu Tahun 2023

Riris Marselita, Rotua Suriany Simamora, Ernauli Meliyana

Abstract


latar Belakang : Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang berpusat pada pasien penting untuk perawatan pasien, dalam berkomunikasi membantu perawat untuk mengenali masalah pasien. Komunikasi terapeutik dilaksanakan setiap pemberian asuhan keperawatan melalui komunikasi yang baik antara perawat dan pasien atau keluaraga pasien sehingga bisa membangun hubungan saling percaya antara perawat dengan pasien. Tujuan Peneliti : Mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di RS Rawa Lumbu Tahun 2023. Metode Peneliti : Desain dalam penelitian ini menggunakan Observasional Analitik dengan rancangan penelitian, Cross Sectional, menggunakan variabel independen komunikasi terapeutik dan variabel dependen kepuasan pasien dalam pemberian obat, teknik sampling pada penelitian ini adalah non probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner digital dan dilakukan uji statistik dengan menggunakan Chi Square. Hasil Peneliti : Berdasarkan hasil output uji statistik chi square diperoleh nilai Asymp Signifikansi sebesar 0.000. Dapat disimpulkan bahwa nilai Asymp Signifikansi (0,000) < nilai α (0,05), hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian dapat diartikan bahwa “ada hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemberian obat di RS Rawa Lumbu Tahun 2023”. Kesimpulan : ada hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemberian obat di RS Rawa LumbuTahun 2023”
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien

Keywords


Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Abdie, F.M. (2021) ‘Skripsi hubungan pengetahuan dan sikap dengan penerapan 5m sebagai pencegahan covid-19 pada masyarakat di desa batujaya tahun 2021’.

Abdul Muhith, S.S. (2018) Aplikasi komunikasi terapeutik Nursing & Health.

Ahyar, H. dkk (2020) Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu.

Arnaya, A.A. and Niryana, I.W. (2020) ‘Tingkat Kepuasan Dan Harapan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mengwi I’, Jurnal Medika Udayana, 9(9), pp. 105–113. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum.

Arum, Y.T.G. (2019) ‘Hipertensi pada Penduduk Usia Produktif (15-64 Tahun)’, Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(3), pp. 84–94.

Dharma, K. kusuma (2017) metode penelitian keperawatan.

Dharma, K. kususma (2017) metodologi penelitian keperawatan: Panduan Menyelesaikan dan Menerapkan Hasil Penelitian. 2015th edn. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Djamal, H.D. and Safitri, G. (2020) ‘Hubungan Pemberian Informasi Obat Dengan Kepuasaan Pasien Di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara’, Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI), 1(1), pp. 1–9. Available at: http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JIKSI/article/view/376.

Dora, M.S., Ayuni, D.Q. and Asmalinda, Y. (2019) ‘Hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap non bedah RSUD Padang Pariaman’, Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien, 2, pp. 101–105.

Hidayatullah, M.S. (2020) ‘Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso’, Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), pp. 62–73. Available at: https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022.

Kuntoro, W. and Istiono, W. (2017) ‘Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), p. 140. Available at: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327.

Mahfudhah, A.N. and Mayasari, P. (2018) ‘pemberian obat oleh perawat diruang rawat inap rumah sakit umum kota banda aceh drug administration by nurses in hospitalization room of public hospital banda aceh city pendahuluan Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan tu’, III(4), pp. 1–9.

Majestika Septikasari, S.ST., M. (2018) ‘Konsep Dasar Pemberian Obat’, Muzdalipah.Blogspot.Com [Preprint]. Available at: http://sitianisamuzdalipah.blogspot.com/2014/06/konsep-dasar-pemberian-obat.html?m=1.

Masturoh, I. and Nauri, T.A. (2018) bahan ajar rekam medis dan informasi kesehatan (rmik) metodologi penelitian kesehatan. kementrian kesehatan.

Meikayanti, N.M.K. et al. (2020) ‘Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Kabupaten Tabanan’, Nursing Current, 8(2), pp. 135–145.

Nursalam (2015) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis.

Nuryani, E., Dwiantoro, L. and Nurmalia, D. (2021) ‘Faktor-faktor yang meningkatkan kepatuhan perawat dalam penerapan prinsip enam benar pemberian obat’, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 4(1). Available at: https://doi.org/10.32584/jkmk.v4i1.572.

Olana, R. et al. (2019) ‘Heliyon Prediktor komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien rawat inap’, 5, pp. 1–6.

Saprianingsih, A. (2020) Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip, STIKES Borneo Cendekia Medika.

Sari, L.T. and Suminar, E. (2020) ‘The Relationship of Therapeutic Communications In Providing Medicines And The Level of Patient Satisfaction’, Indonesian Journal Of Professional Nursing, 1(2), pp. 54–62.

Sasmito, P. et al. (2019) ‘Penerapan Teknik Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat pada Pasien’, Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, 11(2), p. 58. Available at: https://doi.org/10.32763/juke.v11i2.87.

Sembiring, I.M. and Munthe, N.B.G. (2019) ‘Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 1(2), pp. 54–61. Available at: https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.170.

Siyoto, S. and Sodik, M.A. (2015) Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1, Literasi Media Publishing. Edited by AYUP. yogyakarta.

Soegiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: ALFABETA, CV.

Suhaji, titis M. (2021) ‘Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja’, Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, pp. 1–22. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/103128-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepuasan.pdf.

Wardani, D.N.K. et al. (2022) ‘teori dan praktik keterampilan dasar kebidanan.pdf’, p. 37.




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v14i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License