ANALISIS PERILAKU PASIEN RAWAT JALAN DALAM MEMBELI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PGI CIKINI

Sanny Prisca, Prapancha Prapancha, Tri Suratmi

Abstract


Pembelian obat merupakan salah satu pendapatan terbesar di rumah sakit. Pasien rawat jalan yang mendapat resep dan tidak membeli obat di Instalasi Farmasi RS PGI Cikini mencapai 39,95%, sehingga mengakibatkan opportunity lost sebesar 289 juta rupiah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pasien rawat jalan untuk membeli obat di Instalasi Farmasi RS PGI Cikini. Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 102 diambil dengan teknik simple random sampling dari populasi pasien rawat jalan pada bulan Mei – Juli 2018. Data dikumpulkan dengan pengisian kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian diolah dan dilakukan analisis univariat, bivariat dengan uji chi square dan multivariat dengan metode regresi logistik. Penghasilan pasien/penanggung jawab pasien, ketersediaan obat, kecepatan pelayanan obat, informasi tempat pembelian obat dan keberadaan farmasi rumah sakit, serta kebiasaan membeli obat merupakan variabel yang berhubungan dengan perilaku pasien rawat jalan untuk membeli obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PGI Cikini. Kebiasaan membeli obat (OR = 352,268; 95% CI: 30,923 - 4021,951) dan ketersediaan obat (OR = 83,660; 95% CI; 8,907 - 785,821) merupakan variabel yang dominan berhubungan dengan perilaku pasien rawat jalan untuk membeli obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PGI Cikini. Hendaknya RS PGI Cikini membuat kebijakan terkait pelaksanaan electronic prescribing dari poliklinik rawat jalan untuk mencegah pembelian obat di luar RS PGI Cikini. Selain itu, perlu diadakan evaluasi berkala terkait ketersediaan obat, pelayanan farmasi, dan pelaksanaan edukasi/informasi pasien rawat jalan agar merubah kebiasaan dan persepsi pasien, sehingga membeli obat di Instalasi Farmasi RS PGI Cikini.

 

Kata kunci: Marketing stimuli, environment stimuli, karakteristik konsumen, ketersediaan obat, kecepatan pelayanan, kebiasaan, perilaku membeli obat


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v9i1.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License