PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RSU X TAHUN 2018

Yenni Tan, Yuli Prapancha Satar, Putri Yoen Aulina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui pengembangan pemasaran yang diterapkan oleh RSU X berdasarkan posisi matriks IE. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif berdasarkan analisis SWOT dan matriks IE dengan metode analisis deskriptif. Data Primer melalui wawancara mendalam. Teknik yang digunakan untuk analisis data dan pengambilan keputusan adalah teknik Consensus Decision Making Group (CDMG).Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis posisi matriks IE, dapat diketahui nilai terbobot lingkungan internal sebesar  +o,15 dan nilai terbobot lingkungan eksternal sebesar  -0,35 . Dengan nilai terbobot tersebut, maka berada pada posisi kuadran  1 : Difertifikasi . Diversifikasi konglomerat  yang artinya bersama-sama dengan suatu pihak atau berberapa pihak dalam melakukan pengembangannya, pihak lain ikut memiliki dan terlibat didalamnya dalam menambah produk baru.

Kata Kunci        : Strategi Pemasaran, Pengembangan

Daftar Pustaka  : 30 (20013 – 2017)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v9i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License