KINERJA PERAWAT PELAKSANA BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERTAMINA JAYA JAKARTA PUSAT TAHUN 2018

Agung Tri Nugraha

Abstract


iv + 33 Halaman + 5 Tabel + 5 Lampiran

 

Penilaian kepuasaan dilihat dari mutu pelayanan yang merupakan upaya untuk meningkatkan suatu kepuasan kepada pasien, pelayanan bukan hanya untuk proses kesembuhan pasien dari penyakit. Dengan mengetahuinya kinerja perawat pelaksana dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit. Kinerja  perawat pelaksana  dengan kepuasan pasien  yang di lakukan penelitian di Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta Pusat tahun 2018. Desain  yang digunakan pada penelitian ini adalah  cross sectional pada 67 sampel. tehnik yang di gunakan purposive sampling dengan melihat  kriteria inklusi dan eksklusi, yang dilaksanakan pada  26 Juli sampai dengan 26 Agustus 2018. Analisis univariat dan bivariate dengan Chi-Square. Hasil penelitian dari kinerja perawat pelaksana yang baik ada 39 (58,2%) dan pasien yang puas ada 39 (58,2%) dan  bahwa ada hubungan signifikan kinerja perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,001. Meningkatkan  kinerja perawat di rumah sakit dengan cara pelatihan untuk meningkatkan keramahan, senyum ,berpenampilan/kerapian. Terciptanya perawat yang handal dan professional dalam memberikan asuhan keperawatan di ruangan rawat inap.

 

Kata Kunci           : Kinerja Perawat Pelaksana, Kepuasan Pasien

Daftar Pustaka  34 (2003-2016)

iv + 33 Halaman + 5 Tabel + 5 Lampiran

 

Penilaian kepuasaan dilihat dari mutu pelayanan yang merupakan upaya untuk meningkatkan suatu kepuasan kepada pasien, pelayanan bukan hanya untuk proses kesembuhan pasien dari penyakit. Dengan mengetahuinya kinerja perawat pelaksana dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit. Kinerja  perawat pelaksana  dengan kepuasan pasien  yang di lakukan penelitian di Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta Pusat tahun 2018. Desain  yang digunakan pada penelitian ini adalah  cross sectional pada 67 sampel. tehnik yang di gunakan purposive sampling dengan melihat  kriteria inklusi dan eksklusi, yang dilaksanakan pada  26 Juli sampai dengan 26 Agustus 2018. Analisis univariat dan bivariate dengan Chi-Square. Hasil penelitian dari kinerja perawat pelaksana yang baik ada 39 (58,2%) dan pasien yang puas ada 39 (58,2%) dan  bahwa ada hubungan signifikan kinerja perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,001. Meningkatkan  kinerja perawat di rumah sakit dengan cara pelatihan untuk meningkatkan keramahan, senyum ,berpenampilan/kerapian. Terciptanya perawat yang handal dan professional dalam memberikan asuhan keperawatan di ruangan rawat inap.

 

Kata Kunci           : Kinerja Perawat Pelaksana, Kepuasan Pasien

Daftar Pustaka  34 (2003-2016)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v8i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License