Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Peserta JKN terhadap Pelayanan Poli Penyakit Dalam RSUD Prof. MA. Hanafiah Batusangkar

Suci Yaumi Syahdati, Nur Afrainin Syah, Ida Rahmah Burhan

Abstract


Rumah sakit memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan berkualitas sehingga kepuasan pasien tercapai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien peserta JKN yang berkunjung ke Poli Penyakit Dalam RSUD Prof. MA. Hanafiah Batusangkar. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan uji statistik chi-square (p≤0,05). Sebanyak 112 responden yang datang berkunjung diwawancara dengan menggunakan kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan karakteristik responden (jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan status kepesertaan) dengan kepuasan pasien. Prosedur pelayanan pendaftaran, pelayanan SDM, pelayanan obat, dan fasilitas yang dimiliki RS berhubungan dengan kepuasan pasien. Faktor yang mempengaruhi kepuasan tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga pasien puas dan ingin berkunjung kembali ketika mereka membutuhkan pelayanan.


Keywords


Jaminan Kesehatan; Kepuasan; Pasien; Pelayanan Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan: BPJS; 2014.

Mustika D, Sari K. Kepuasan pasien terhadap layanan rawat inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal ARSI. 2019;5(3):147-52.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2017;6(1):9-15.

Pangerapan DT, Palandeng OELI, Rattu AJM. Hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik. 2018;2(1):9-18.

Juwita GS, Marlinae L, Rahman F. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2017;4(2):49-56.

Suratri MAL, Suryati T, Edwin VA. Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit di 7 Provinsi di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan. 2018;46(4):239-46.

Mulyani R. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Gizi di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan 2014;10(2):231-9.

Hidayati AN, Suryawati C, Sriatmi A. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang JKM. 2014;2(1):9-14.

Yulianti. Analisis Kepuasan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Bhakti Yudha Depok Tahun 2012 [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia; 2013.

Dzomeku VM, Ba-Etilayoo A, Parekuu T, Mantey RE. In-Patient Satisfaction with Nursing Care: A Case Study at Kwame Nkrumah University of Science and Technology Hospital. International Journal of Research In Medical and Health Sciences. 2013;2(1):1-6.

Siswati S. Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap Jurnal MKMI. 2015;2015:174-83.

Juwita DA, Arifin H, Perdana J. Kajian Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Farmasi Higea. 2019;11(1):32-40.

Hakim FA, Suryawati C. Hubungan karakteristik pasien peserta BPJS dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum "X" di daerah Kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2019;7(3):157-62.

Muhammad D, Almasyhuri, Setiani LA. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. 2020;4(2):174-86.

Baso FF, Rusli, Hidayah N. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dengan Resep di Puskesmas Turikale Kabupaten Maros. Jurnal Farmasi UIN Alauddin Makassar. 2021;9(1):1-6.

Rustifani Y, Rumana NA, Anggraini M. Hubungan Kinerja Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Bagian Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di RSUD Tulehu Januari 2015. Jurnal INOHIM. 2015;3(1):1-8.

Adian YAP. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Loket Pendaftaran Rawat Jalan di Puskesmas di Jawa Timur. JPH Recode. 2020;4(1):43-51.

Simarmata M, Wasliati B, Kasim F, Saragih IC. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi. 2020;3(2):245-52.

Kaligis G, Maramis FRR, Tucunan AAT. Hubungan antara Kualitas Jasa Pelayanan Tenaga Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Motoling Timur Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Kesmas. 2018;7(4):1-6.

Mumu LJ, Kandou GD, Doda DV. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R.D. kandou Manado JIKMU. 2015;5(4):1-8.

Rahmawati K, Ardiana A, Kurniawan DE. Gambaran Kepuasan Pasien yang Menggunakan Jaminan Kesehatan (BPJS) terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan. 2020;8(2):112-7.

Fahrozy A. Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan. Psikoborneo. 2017;5(1):117-21.

Lake ET, Germack HD, Viscardi MK. Missed Nursing Care is Linked to Patient Satisfaction : a Cross-Sectional Study of US Hospitals. BMJ Qual Saf. 2016;25:535-43.

Novaryatiin S, Ardhany SD, Aliyah S. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy. 2018;1(1):22-6.

Maharani DN, Mukaddas A, Indriani. Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Resep di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai. Galenika Journal of Pharmacy. 2016;2(2):111-7.

Prayitno RS, Sumarto L, Darsono. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien pada RS Muhammadiyah Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Jurnal Widya Ganecwara. 2021;11(1):1-19.




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i3.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License