Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Akademik Anak Usia 5-6 Tahun di Era Pandemi Covid 19

Asmanih Suherni, Mariyani Mariyani

Abstract


Perilaku anak dalam mencapai tujuan yang diinginkan dipengaruhi bagaimana cara orang tua dalam mendidik, mengajar,dan mengembangkan perilakuanak.Pola asuh yang baik akan menjadikan anak memiliki pribadi yang baik, semangat dalam belajar dan memiliki prestasi yang cemerlang. mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan  ingkat kecerdasan akademik anak usia 5-6 tahun. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 68 anak TK. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis melalui uji Chi-Square. Jumlahanak dengan pola asuh baik adalah sebanyak 40 orang (56%) dan anak dengan pola asuh kurang baik sebanyak 28 orang (41%). Jumlah anak dengan kecerdasan akademik kategori berkembang adalah sebanyak 39 orang (57%) dan jumlah anak dengan kategori kurang berkembang sebanyak 29 orang (43%). Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan akademik anak usia 5-6 tahun, dimana Hasil uji Chi-Square (X2) menunjukkan nilai p (0,000) < 0,05. Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan akademik anak usia 5-6 tahun.

 

Kata kunci: pola asuh, kecerdasan akademik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i3.2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License