Pengaruh Promosi Kesehatan Reproduksi terhadap Pengetahuan Remaja di SMA Santika Bambu Apus Jakarta Timur

Izattul Azijah, Dewi Nawang Sari, Lina Herlina

Abstract


Tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja adalah salah satu faktor yang  berpengaruh terhadap perilaku seksual remaja pranikah. Fenomena yang terjadi dalam satu dekade ini telah menunjukkan  perilaku seksual pranikah pada remaja diberbagai provinsi di Indonesia semakin bertambah dikarenakan kurangnya pengetahuan remaja mengetai tentang kesehatan reproduksi. Permasalahan yang terjadi pada remaja tersebut memberi dampak negative pada remaja seperti kehamilan, pernikahan pada usia muda serta tingkat aborsi yang cukup tinggi sehingga memberi dampak buruk terhadap kesehatan reproduksi remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi Kesehatan Reproduksi terhadap tingkat pengetahuan Remaja. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimental one group pre and posttest design yang dengan responden sebanyak 35 sampel, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan reproduksi pada remaja. Analisis penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan tingkat pengetahuan sebelum diberikan promosi kesehatan paling besar pada kategori baik sebesar 74% dan setelah diberikan promosi kesehatan tingkat pengetahuan responden paling besar pada kategori baik sebesar 83%. Analisis menunjukkan hasil nilai p=0,000 (p<0,05). Kesimpulannya terdapat pengaruh pemberian promosi kesehatan reproduksi kepada terhadap tingkat pengetahuan remaja. Pemberian promosi kesehatan reproduksi pada remaja dapat dilakukan secara berkelanjutan baik oleh pihak sekolah maupun Puskesmas terdekat sehingga pengetahuan remaja semakin bertambah dan perilaku mereka juga dapat sesuai dengan apa yang mereka pahami.


Keywords


Pengetahuan, Kesehatan, Reproduksi, Remaja

Full Text:

PDF

References


Ereshinta, Hilda Cornelia. 2017. Pengaruh Promkes tentang Seks Pranikah melalui peer group terhadap sikap remaja dalam pencegahan seks pranikah. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan STIKes Insan Cendikia Medika Jombang.

Susanto, T. and Rahmawati, I. 2016. A community-based friendly health clinic: An initiative adolescent reproductive health project in the rural and urban areas of Indonesia. International Journal of Nursing Sciences. Elsevier Lid, 3 (4), Hal. 371-378

Nasution SL. Pengaruh Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Remaja Di Indonesia. Widyariset. 2012;15(1).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2012. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia, Kementrian kesehatan, Jakarta

Tarwoto., dkk., 2010, Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya, Salemba Medika, Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Profil Kesehatan Indonesia, Kementrian kesehatan, Jakarta

Sarapang M. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Di SMU Negeri Manado.

Lubis, Zul Salasa Akbar. Dkk. 2013. Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perubahan Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Anggraeni, S., & Hayati, R. (2016). Hubungan Pengetahuan, Keterpaparan Sumber Informasi, dan Sikap Remaja Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja di SMK “X” Kabupaten Tanah Laut.

Kosassy,S.M., & Sinthania,D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Mentoring Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja SMP N 4 Palembayan 2014. Jurnal Kesehatan, 6(2).

Udu,W.S.A., & Wiradirani, P.Y.W. (2015). Pengaruh Intervensi Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Medula, 1(2).

Anastasia,Sutriana.Dkk. 2020. Pengaruh Promosi Kesehatan Reproduksi Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Di SMA kalimantan Barat. Jurnal Mutiara Ners Juli-Desember2020, Vol.3 No.2

Supit, Joyce Angela Maria.Dkk. 2019. Promosi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Remaja. Jurnal Ilmiah Bidan Volume 6 Nomor 2 Januari-Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i1.1990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License