Gambaran Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) oleh Bidan dalam Pertolongan Persalinan di Era Pandemi Covid-19

Nani Aisyiyah, Ari Waluyo, Akhmad Muttaqin

Abstract


Situasi  di Indonesia pada saat ini didapatkan jumlah petugas kesehatan yang meninggal dunia akibat menangani pasien Covid-19,kian bertambah. Melansir Katadata.co.id, Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (FSP FARKES/R) bahkan mencatat, ada sebanyak 44 tenaga medis meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19). Dengan rincian, 32 dokter dan 12 perawat. Karena itu, Ketua Umum FSP FARKES/R Idris Idham mendesak pemerintah untuk lebih memperhatikan keselamatan petugas kesehatan yang menangani pandemi Covid-19. Caranya, dengan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) yang memenuhi standar dengan jumlah yang mencukupi,” ujar dia dikutip dari siaran pers, Minggu (12/4). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaa Alat Pelindung Diri (APD) oleh Bidan dalam pertolongan persalinan di Era Pandemi Covid-19.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional, jumlah sampel 189 responden menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui google form pada bulan September-Nopember 2020 , analisis univariat menunjukkan karakteristik dan gambaran penggunaaan APD oleh bidan praktik mandiri.

Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) oleh bidan dalam pertolongan persalinan di masa pandemi Covid-19, didapatkan bahwa penggunaan APD lengkap sebanyak 145 (76,7%) dan yang tidak lengkap sebanyak 44 (23,3%) dan APD yang paling banyak tidak digunakan adalah pelindung mata (goggles) sebanyak 23 (12,2%) dan APD yang sedikit tidak digunakan adalah sarung tangan bedah (surgical gloves)  sebanyak 3 (1,6%). Dari hasil penelitian ini diharapkan adanya edukasi pada bidan yang melakukan pertolongan persalinan mengenai pentingnya penggunaan APD di masa pandemi Covid-19.

 

Daftar bacaan : 8 (2002-2020)

Kata Kunci : APD; persalinan;pelindung mata (goggles).


Full Text:

PDF

References


SNI 8488:2018, Spesifikasi standar untuk kinerja material yang digunakan dalam masker medis.

Badan Standardisasi Nasional. 2002. Sarung Tangan karet, sekali pakai untuk keperluan pemeriksaan kesehatan, SNI 16-2623-2002: Jakarta.

Kemenkes RI, 2020. Standar Alat Pelindung Diri (APD) Dalam Manajemen Penanganan Covid-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan RI, Ditjen Pelayanan Medik. 2007. Petunjuk penyususnan pedoman pengendalian infeksi nasokomial Rumah Sakit. Jakarta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Soeripto M. 2008. Higiane Industri.Balai penerbit FK Universitas Indonesia.Jakarta.

Tarwaka, 2008. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Surakarta : HARAPAN PRESS.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2017 tentang izin dan penyelenggaraan praktik bidan




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i1.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License