HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DAN MOTIVASI DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV DI PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN STIKES “BS” BEKASI 2014
Abstract
Minat belajar adalah satu keinginan untuk mendapatkan suatu perubahan yang terjadi melalu ilatihan atau pengalaman-pengalaman tertentu. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa semester IV di program studi kebidanan Stikes “BS” yang tidak hadir perkuliahan tanpa surat pemberitahuan. Walaupun sudah mendapat hukuman, namun demikian masih banyak juga mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara lingkungan dan motivasi dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester IV di Program Studi DIII Kebidanan Stikes “BS” Bekasi 2014
Desain penelitian ini adalah cross sectional denganpedekatan kuantitatif dengan sampel total populasi sebanyak 43 orang mahasiswa semester IV di program studi DIII kebidanan Stikes “BS”. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai maret 2014. Instrument penelitian ini berupa kuesioner. Analisa data dilakukan dengan bantuan komputerisasi dengan rumuschi square (x2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 43 mahasiswa terdapat sebagian besarminat belajar tinggi sebanyak 31 mahasiswa (72,1%) dan sebanyak 12 mahasiswa (27,9%) menyatakan minat belajar rendah.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian yang dilaksanakan di Stikes “BS” Bekasi pada mahasiswa tentang Hubungan antara lingkungan dan motivasi dengan minat belajar mahasiswa semester IV di program studi kebidanan maka dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa dari 2 variabel independen seluruhnya memiliki hubungan yang signifikan yaitu ada hubungan antara minat belajar mahasiswa dengan lingkungan belajar dan motivasi belajar.
Kata Kunci : Minat belajar, lingkungan dan motivasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v6i1.157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan
JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License