Analisis Antrian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Saat Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit X

Resti Andani, Gin-gin gina yuliany, Dina Sonia

Abstract


Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi sektor kesehatan. Adanya peraturan Adaptasi Kebiasaan Baru atau new normal menjadikan rumah sakit harus memperbaharui sistem pelayanan pendaftaran juga kunjungan pasien. Tak terkecuali pada pelayanan kesehatan rawat jalan, dimana pasien yang datang harus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker hingga menjaga jarak pada saat mengantri dan menunggu pelayanan pendaftaran. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa petugas seperti petugas pendaftaran, perawat dan satpam. Penelitian dilakukan pada pasien rawat jalan dalam waktu satu bulan. Rumah sakit X melayani pasien yang menggunakan BPJS maupun tidak. Pasien BPJS di rumah sakit X dibedakan menjadi dua, yaitu pasien BPJS dinas dan pasien BPJS mandiri. Sumber kedatangan pasien rawat jalan adalah terbatas (finite). Disiplin antrian menggunakan First In First Out (FIFO). Jam sibuk di loket pendaftaran terjadi pada pukul 07.00 hingga pukul 11:00. Ada perubahan yang terjadi dalam penerimaan pasien pada masa pandemi ini, yaitu pasien yang berkunjung dibatasi jumlah kedatangannya dan jam pengambilan nomor antrian.


Keywords


Alur pelayanan, antrian pendaftaran, covid-19, rawat jalan

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). PERTANYAAN DAN JAWABAN TERKAIT COVID-19. Diakses pada 24 Juni 2021 dari kemkes.go.id

WHO dalam Yolarita E, Kusuma DW. DOI : https://doi.org/10.22435/jek.v19i3.3913 PENGELOLAAN LIMBAH B3 MEDIS RUMAH SAKIT DI SUMATERA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 Hospital Medical Waste Management in West Sumatera during COVID-19 Pandemic. 2020;148–60.

Nopiani, Cahyo S. (2019). PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA KECAMATAN BANYUKE HULU KABUPATEN LANDAK. 7, 1–7.

Listiyono RA. Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr . Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. 2015;1:1–7.

Tugiarto A, Pratiwi F, Azkya A, Widodo PP. PENGOLAHAN DATA PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS BUMI AYU KOTA DUMAI. 2018;10(2):13–20.

Rahmadani, Ira (2018) KUALITAS PELAYANAN PENEMPATAN TENAGA KERJA PADA DINAS TENAGA KERJA KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diakses dari eprints.unm.ac.id/id/eprint/10434

Astanti YD, Soejanto I, Berlianty I. Simulasi Alur Pelayanan Rawat Jalan ( Poliklinik ) di Rumah Sakit Menggunakan Software ProModel. 2020;13(1):1–5.

Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan. (2020). PANDUAN TEKNIS PELAYANAN RUMAH SAKIT PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Nengsih MK, Yustanti NV, Manajemen PS, Ekonomi F, Dehasen U. MUNTILAN. 12(1):68–78.

Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. (2020). Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Diakses pada 14 Juli 2021 dari promkes.kemkes.go.id




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i1.1496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License