PERBANDINGAN KEEFEKTIVITASAN JAHE DAN VITAMIN B6 DALAM MENGURANGI RASA MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KARAWANG, KEC. KARAWANG BARAT, JAWA BARAT

Imani Bintoro Putri, Santi Agustina

Abstract


Mual muntah pada ibu hamil sangat mengganggu, apabila tidak ditangani dengan baik maka dikuatirkan bisa mengganggu asupan gizi ke janin yang dikandung. Selama ini yang digunakan untuk mengurangi rasa mual muntah pada ibu hamil yaitu dengan vitamin B6 atau obat-obatan kimia. Indonesia sebagai negara Agraris dengan kekayaan tumbuhan herbalnya salah satunya yaitu Jahe (zingiber officinale), patut dioptimalkan penggunaannya sebagai obat herbal untuk menurunkan rasa mual muntah pada ibu hamil yang terbukti aman bagi ibu dan janin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan keefektivitasan jahe dan vitamin B6 dalam mengurangi rasa mual muntah pada ibu hamil di Puskesmas Karawang, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel yaitu 30 responden perlakuan jahe, dan 30 responden perlakuan vitamin B6. Analisis data yang digunakan yaitu Comparemean Uji Beda Independent Sampel T One Tailed.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe lebih efektif dalam menurunkan rasa mual muntah pada ibu hamil dibanding vitamin B6, dengan nilai <0,005  =0,05). Bagi ibu hamil yang mengalami mual muntah pada kehamilannya bisa menggunakan jahe(obat herbal) yang lebih efektif dan aman untuk mengurangi rasa mual muntahnya.

                                                                                                                                                  

Kata Kunci : jahe (zingiber officinale), mual muntah, vitamin B6


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i2.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

StatCounter

View My Stats

 

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License