PERKIRAAN RISIKO NYERI PUNGGUNG BAWAH AKIBAT PENGARUH POSTUR JANGGAL PADA KARYAWAN DI PERUSAHAAN X, JAKARTA

Evi Nopiyanti

Abstract


Nyeri punggung bawah adalah suatu gejala berupa rasa nyeri di daerah lumbosakral dan sakroiliaka yang dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab, kadang-kadang disertai dengan penjalaran nyeri ke arah tungkai dan kaki.Sikap tubuh yang salah akibat kebiasaan, postur tubuh yang jelek terutama lordosis yang berlebih dari tulang belakang bagian lumbal, serta gerak yang hebat dan tak teratur memegang peranan penting untuk terjadinya nyeri punggung bawah.

Penelitian ini bersifat studi kasus dengan pendekatan observasional, dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari catatan data medik pekerja dan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner, check list, perekaman video, pemotretan postur janggal pekerja, pengukuran berat, dan pengukuran waktu.

Hasil penelitian menunjukkan untuk survey BRIEF, keempat jenis pekerjaan yang diteliti mendapat skor 3, karena pekerja melakukan postur janggal, seperti bungkuk, rotasi (terputar) badan, dan miring dengan lama serta frekuensi yang melebihi kriteria normal. Pada survey gejala, keempat pekerja mengalami keluhan nyeri punggung bawah, sehingga mendapat skor 1.  Sedangkan pada survey data medik, lama keluhan nyeri punggung bawah yang dirasakan keempat pekerja berkisar antara 1-7 hari dan 1 bulan, tetapi mereka tetap bekerja, sehingga mendapat skor 1. Total nilai EASY yang didapat untuk ke-4 jenis pekerjaan yang diteliti adalah 5.

Pihak perusahaan disarankan untuk melakukan redesign kembali pada alat kerja, melengkapi standaroperating prosedures (SOP) dengan memasukkan aspek ergonomi, melakukan rotasi kerja, dan melakukan evaluasi aktivitas kerja. Sedangkan pada pekerja yang sakit NPB dianjurkan istirahat tirah baring, mengikuti penyuluhan, dan melakukan exercises.

 

Kata kunci : risiko, nyeri punggung bawah, postur janggal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i1.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License