HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN IBU NIFAS TERHADAP KEPUASAN IBU TERHADAP PELAKSANAAN IMD

Santi Agustina

Abstract


Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses alami untuk menyusu, yaitu dengan memberikan kesemapatan pada bayi untuk mencari dan menghisap ASI sendiri. Dalam satu jam pada awal kehidupan bayi. IMD merupakan program yang sedang gencar di anjurkan pemerintah Indonesia. WHO dan UNICEF telah merekomendasikan IMD sebagai tindakan penyelamatan kehidupan, karena IMD ini dapat menyelamatkan 22% nyawa bayi sebelum usia 28 hari. Untuk itu diharapkan semua tenaga kesehatan di semua tingkatan pelayanan kesehatan, baik swasta maupun masyarakat dapat mensosialisasikan dan melaksanakan suksesnya program tersebut . (DEPKES, 2008)          .

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan pengetahuan, sikap dan pendidikan terhadap pelaksanaan IMD di RB R Kec. Cipayung Jakarta Timur Tahun 2012. Desain dalam penelitian ini menggunakan cross sectional. Hasil penelitian yang dilakukan di RB R Cipayung Jakarta Timur adalah, responden yang puas terhadap pelaksanaan IMD ada 80.0 % dan responden yang tidak puas ada 20.0 %. Hasil analisis uji bivariat maka diperoleh bahwa variabel yang bermakna secara statistik (p<0,05) adalah Pengetahuan, sikap dan pendidik.

 

Kata kunci                       :  Kepuasan terhadap pelaksanaan IMD,

Daftar pustaka                : 28 (1999-2012)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i1.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

StatCounter

View My Stats

 

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License