DAMPAK BULLYING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI DKI JAKARTA DALAM PERSPEKTIF KESEHATAN JIWA

Uswatun Chasanah, Thika Marliana, Dian Sulasmy

Abstract


Bullying yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang merasa lebih kuat terhadap seseorang yang lemah dan bermaksud untuk menyakiti yang bersifat fisik, verbal, atau psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak bullying pada mahasiswa keperawatan di Jakarta dalam perspektif  kesehatan jiwa. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi  dengan metode wawancara mendalam. Partisipan adalah mahasiswa keperawatan yang menjadi korban bullying yang diperoleh melalui purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil rekaman wawancara dan catatan lapangan yang dianalisis dengan menerapkan tehnik Collaizi. Penelitian ini menghasilkan 5 tema. Hasil penelitian menggambarkan tentang perilaku bullying yang pernah dialami oleh partisipan diantaranya perilaku bullying yang nyata seperti aniaya fisik dan aniaya sosial. Perilaku bullying yang terselubung seperti aniaya psikologis dan aniaya verbal. Dampak yang dialami oleh partisipan meliputi dampak fisik, dampak psikologis, dan dampak sosial. Mekanisme koping yang digunakan oleh partisipan meliputi penyelesaian masalah berfokus pada diri sendiri dan penyelesaian masalah berfokus pada orang lain. Harapan partisipan meliputi harapan dari diri sendiri dan harapan terhadap lingkungan. Temuan penelitian bullying ini dapat dimanfaatkan oleh program studi, hendaknya dapat dimasukan kedalam kurikulum pembelajaran dan dikembangkan cara menyelesaikan dampak bullying pada mahasiswa.

Kata kunci       : mahasiswa keperawatan , bullying,  dampak bullying.

Daftar Pustaka: 58


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i1.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

StatCounter

View My Stats

 

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License