Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Klinik Pratama Ananda Kota Jakarta Timur Tahun 2017

Desi Mardianingsih, Tamri Tamri

Abstract


Persaingan di dunia bisnis yang semakin marak membuat banyak perusahaan berlomba-lomba menyediakan berbagai macam pilihan maupun fasilitas yang ditawarkan untuk konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kehandalan, daya tanggap,jaminan,empati dan bukti fisik pelayanan dengan minat kunjungan ulang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di Klinik Pratama Ananda sedangkan sampel pada penelitian ini sebagian populasi yang telah dihitung dengan menggunakan tekhnik pengambilan sampel yang dianggap mewakili populasi. Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel tersebut adalah kehandalan (p value = 0,11), daya tanggap (p value = 0,14), jaminan (p value = 0,2), empati (p value = 0,06), sedangkan pada variabel bukti fisik (p value = 0,01) terhadap hubungan yang bermakna dengan minat kunjungan ulang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Tidak ada hubungan antara kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati pelayanan dengan minat kunjungan ulang. Sedangkan terdapat hubungan yang bermakna antara bukti fisik pelayanan dengan minat kunjungan ulang di Klinik Pratama Ananda.

Kata Kunci: minat kunjungan ulang, kehandalan,daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, Iwan. 1998. Besar dan Metode Sampel Pada Penelitian Kesehatan. Depok: FKMUI.

Azwar, Azrul. 1996 Menjaga Muntu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Sinar Harapan.

Departemen Kesehatan RI.2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 9 tahun 2014 tentang Klinik. Jakarta.

Engel, Blackwell, dan Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara.

Hartono,Bambang, Dr.SKM.MSc.MM. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, Kertayaja.2003. Marketing in Venus. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hidayati, Wahyu.2009. Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Rawat Inap Kelas III RS Polpus Sukamto dengan Minat Memanfaatkan Ulang pada Pasien Dinas Tahun 2009. Tesis Depok. FKMUI.

Hidayat, A.Aziz Alimul. 2007. Metode Penelitian dan Keperawatan dan Teknik Analisis Data Jakarta: Salemba Medika.

Jacobalis, Samsu.2000. Beberapa Teknik dalam Manajemen Mutu Manajemen Rumah Sakit Yogyakarta : Universitas Gadjahmada.

Jasfar, Farida.Prof DR. M.E. 2009.

Manajemen Jasa. Bogor: Ghali

Indonesia.

Karyati, Sri Bendi.2006. Analisis

Pengaruh Persepsi Pasien tentang

Mutu Pelayanan Dokter Spesialis

Obstetri dan Ginekologi dengan Minat

Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi

Rawat Jalan RSI Sultan Agung

Semarang. Tesis Semarang. UNDIP

Kunto, Widyo,2004. Analisis Hubungan

Persepsi Pasien Terhadap Mutu

Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan

Ulang Pelayanan Unit Rawat Inap

Umum di Rumah Sakit Kusta Kelet

Jepara. Tesis. Semarang: UNDIP.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani.

Manajemen Pemasaran Jasa.

Edisi 2 Jakarta: Salemba Empat.

Mauludin,Hanif. 2001. Analisis Kualitas

Pelayanan, pengaruhnya terhadap

image(Studi pada Unit Rawat Inap

RSUD DR.R Koesma Tuban) Jurnal

Penelitian Akuntansi. Bisnis dan

Manajemen.

Menkes RI. 2008. Keputusan

Menteri Kesehatan RI Nomor

/MENKES/SK/II/2008 tentang

Standar pelayanan minimal Rumah

Sakit.

Mukhlas, Makmuri. 2005. Perilaku

Organisasi. Jogjakarta: Gajahmada

University Press

Munaryo, 2008. Analisis Pengaruh

Persepsi Mutu Pelayanan Rawat

Inap terhadap Minat Pemanfaatan

Ulang di RSUD Kab. Brebes Tahun

Tesis. Semarang: UNDIP

Muninjaya, Gde AA. 2011. Manajemen

Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

EGC

Niti, Sri. 2009. Analisis Pengaruh

Persepsi Faktor Mutu Layanan Rawat

Jalan terhadap Minat Pemanfaatan

Ulang di RSUD Kab.Brebes Tahun

Tesis. Semarang: UNDIP

Notoatmodjo,Sukidjo.2005.Metodologi

Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Pohan, Imbalo. S.MPH.MHA,Dr. 2007.

Jaminan Mutu Layanan Kesehatan.

Jakarta: Graha Ilmu

Prasetyo. R Ibalauw. JJOL.2005 Perilaku

Konsumen. Jogjakarta: Andy Offset

Pujiastuti. 2010. Pengaruh kualitas

pelayanan terhadap pengguna jasa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah cepu. Jurnal Manajemen.

Sulistyo, Joko, S.Si.2010. Enam Hari

Jago SPSS 16. Jakarta: Penerbit

Cakrawala

Suryani,Tatik.2008. Perilaku Konsumen,

Implika pada Strategi Pemasaran.

Jakarta: Graha Ilmu

Susanti, Yuli. 2010. Analisis Kualitas

Pelayanan terhadap Minat Kunjungan

Ulang Pasien Rawat Inap di RSMH

Thamrin Salemba Tahun 2010. Skripsi.

Depok: FKMUI

Tjiptono, Fandy. 2009. Service

Marketing Esensi dan Aplikasi.

Yogyakarta : Marknesis

Trimurthy,Iga. 2008.Analisis Hubungan

Persepsi Pasien Tentang Mutu

Pelayanan Dengan Minat

Pemanfaatan Ulang Pelayanan

Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran

Kota Semarang. Tesis. Semarang

Trisnantoro, Laksana. 2005. Aspek

Strategi Manajemen Rumah Sakit

antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar.

Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, H. 2000. Riset Pemasaran

dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama bekerjasama

Dengan Jakarta Business Research

Center (JBRC)

Wahyuningsih, Nurdini.2009. Analisis

Lost Pasien Poliklinik Rawat Jalan

Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun

Skripsi. Depok:FKMUI.

Yazid. 2005. Pemasaran Jasa. Ekonisia.

Yogyakarta.

Yuliastuti, Tri.2009. Hubungan antara

Persepsi terhadap Kualitas Pelayanan

dengan Minat Kunjungan Ulang

Pasien Rawat Jalan di Ruang Okupasi

Terapi RSOS Tahun 2009.

Skripsi Semarang:UNDIP




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v2i2.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.