Pengaruh Pendidikan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tim Kesehatan Sarjana Keperawatan Stikes Dharma Husada Bandung

Hery Prayitno, Putri Puspitasari, Deris Riandi Setiawan

Abstract


Latar Belakang: Henti jantung dan henti nafas merupakan insiden kegawatdaruratan yang membutuhkan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular dengan membutuhkan BHD di dunia sebesar 85%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Bantuan Hidup Dasar terhadap Pengetahuan Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tim Kesehatan Sarjana Keperawatan Tingkat 1 STIKes Dharma Husada Bandung. Metode: Jenis penelitian berupa Pre-Eksperimen dengan menggunakan one grup pretest-posttest design. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 25 responden degan menggunakan sampel jenuh. Hasil: Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan, sebelum diberikan pendidikan kesehatan rata-rata nilai 47,20 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan rata-rata nilai 66,53. Hasil uji Wilcoxon didapatkan p value = 0.000 < 0.05 menunjukan terdapat perbedaan bermakna antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Oleh karena itu, materi bantuan hidup dasar diharapkan menjadi materi utama dan menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua kalangan termasuk mahasiswa keperawatan.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Refika Aditama.

AHA. (2015). About Cardiac Arrest.

http://www.heart.omg/HEARTORG/Condition/More/CardiacArrest/About-Cardiac-Arrest UCM 307950 Article.jsp diakses pada 25 Maret 2018.

--------. (2015). Highlights of the 2015 American Heart Association Guidelines Update for CPR and ECC. USA : American Heart Association

--------. (2017). 2017 American Heart Association Focused Update on Adult Basic Life Support and Cardiopulmonary Resuscitation Quality. USA : American Heart Association

Ahmad, Kholid. (2014). Promosi Kesehatan. Jakarta : Raja Grafindo.

Alavi, et al. (2012). Pediatric Nurses Perception of Factors Associated with Caring Self-efficacy: A Qualitative Content Analysis. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. 232-238.

Ali Muhson. (2012). Sampling.

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/01+Populasi+dan+Sampel+2012.pdf diakses pada Juli 2020

Anderson, et al. (2011). First Aid Skill Retention of First Responders Within the Workplace. Journal of Trauma, Resuscitation Aung Emergency Medicine.

Anshori, Asep Yusuf. (2017). Angka Kematian Terbanyak di Bandung Disebabkan Penyakit Tak Menual. http://prfmnews.com/berita.php?detail=angka-kematian-terbanyak-di-bandung-disebabkan-penyakit-tak-menular diakses pada 21 Januari 2020

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asfar, Akbar, dan Wa Ode, Sri. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang Penyakit HIV/AIDS di SMP Baznas Provinsi Sulawesi Selatan. JIN : 3(1).

Biggs & Tank. (2007). Teaching for Quality Learning at University. New York: The Society for Research into Hidher Education & Open University Press.

BHF. (2015). Dismal Fate for Cardiac Arrest Victim as more Ethan Half of People Fail to Act. https://www.bhf.org.uk/what-we-do/news-from-the-bhf/news-archive/2015/october/dismal-fate-for-cardiac-arrest-victims-as-more-than-half-of-people-fail-to-act diakses pada 28 Maret 2018.

Black, J. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan. Dialihbahasakan oleh Nampira R. Jakarta : Salemba Emban Patria.

Dahlan, S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Bantuan Hidup Dasar terhadap Tingkat Pengetahuan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. E-Journal Keperawatan. Vol. 2, No. 1.

Departemen Kesehatan RI. (2015). Profil Kesehatan Kota Bandung Tahun 2015. Bandung : Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Diklat Yayasan Ambulans Gawat Darurat. (2012) Basic Trauma Life Support and Basic Cardiac Life Support. Edisi Lima. Jakarta : Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118.

Doli, Jenita. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Pustakabarupress.

Echols, Jhon M. Dan Hasan. (2014). Kamus Inggris-Indonesia Edisi yang Diperbaharui. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fauziah, DKK. (2017). Penggunaan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri. GASTER : 15(2). Hal. 204-213.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Skripsi srata satu, Fakultas Psikologi : Universitas Gunadarma.

Hasdianah, DKK. (2015). Buku Ajar Dasar-Dasar Riset Keperawatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Hendryadi dan Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Ed-Pertama. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Hidayat, A.A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknis Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika.

Hock, Marcus Ong Eng et al. (2014). PAN-Asian Network Promotes Regional Cardiac Arrest Research. Emergency Physician International. http://www.epijournal.com/articles/129/pan-asian-network-promotes-regional-cardiac-arrest-research.html

http://www.kemahasiswaanstikesdhb.com/tim-kesehatan/ diakses pada Juli 2020

https://suryamalang.tribunnews.com/2018/11/28/bupati-jember-mahasiswa-keperawatan-harus-jadi-bagian-solusi-permasalahan-kesehatan-masyarakat diakses pada 17 Januari 2020.

https://www.idntimes.com/health/medical/nena-zakiah-1/penyakit-penyebab-kematian-tertinggi-di-indonesia/full diakses pada 21 Januari 2020

ILCOR. (2017). Resuscitation. E-Journal European Resuscitation Council. Vol. 121. 104-116. https://www.ilcor.org/uploads/ILCOR-at-25-years.pdf Diakses pada 31 Agustus 2020

Kamil M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta.

Keenan, M. Lamacraft, G. & Joubert, G. (2013). A Survei of Nurse Basic Life Support Knowledge and Training a Tertiary Hospital. African Journal of Health Proffesional Education. E-Journal. Vol: 1. Hal. 4-7.

Kemenkes Republik Indonesia. (2016). Seri Penanganan Gawat Darurat. Ed. Revisi Ke-2. Bandung : RSUP. dr. Hasan Sadikin.

Kose, DKK. (2019). The Effectiveness of Basic Life Support Training on Nursing Students’ Knowledge and Basic Life Supoort Practice: a non-randomized quasi-experimental Study. African Health Sciences. Vol. 19. Pp. 2252-2262.

Kusumawati, Prima Dewi. (2019). Efektifitas Simulasi Resusitasi Jantung Paru Terhadap Kemampuan Penatalaksanaan Jantung Paru Anggota Brimob. Indonesian Nursing Scientific Jurnal. Vol. 09. Nomor: 04.

Latif. (2009). Petunjuk Praktis Anestesiologi dan Terapi Intensif. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Latifah, Putri. (2019). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan Mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada Anggota SAT Sabhara (Patroli Quick Respon) di Polrestabes Bandung. Bandung : STIKes Dharma Husada Bandung.

Lontoh. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru. E-Journal. Vol: 1, Nomor 1.

Lowhorn, Grey G. (2009). The Effext of Supportive Organizational Leadership, Organizational Socilaziation, and Satisfication with Supervision on Turnover.

Lumangkum, Kumaat & Rompas. (2014). Hubungan Karakteristik Polisi Lalu Lintas dengan Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara. E-Journal Keperawatan. Vol.2 No.2.

Mubarak, W.I. (2009). Ilmu Keperawatan Komunitas Pengantar dan Teori. Jakarta: Salamba Medika.

Makaro, Nurul Ramdani. (2010). Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Maulana, HDJ. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pangaribuan, Resmi, dkk. (2017). Pengaruh Media Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) (Studi Eksperimen Pada Perawat Pelaksana di Rumah Sakit TK. II Putri Hijau Medan Tahun 2017).

Partiprajak, S & Thongpo. (2016). Retention of Basic Life Support Knowlegde, Self-Efficacy and Chest Compression Performance in Thai Undergraduate Nursing Student. Nurse Education in Practice. 16(1), 235-241.

Passali, et al. (2011) Evaluation of Nurses and Doctors Knowledge of Basic & Advanced Life Support Resuscitation Guidelines. Elsevier, 365-369. doi:10.1016/j/nerp.2011.03.010.

Pro Emergency. (2011). Basic Trauma Life Support. Cibinong : Pro Emergency.

Pusponegoro. (2010) Buku Panduan Basic Trauma Life Support. Ed. Ke-3. Jakarta : Penerbit Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118.

Rakhmat, Susilo. (2011). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI.

Ristekdikti. (2015). Jumlah Mahasiswa Prodi Kesehatan di Perguruan Tinggi. Dikutip dari https://gudangilmu.farmasetika.com/jumlah-program-studi-dan-mahasiswa-kesehatan-serta-sebarannya-di-indonesia/ diakses pada 22 Januari 2020.

Riyani, Ani. (2016). Pengaruh Pelatihan Basic Life Support terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Keperawatan tentang Kegawatdaruratan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sajiwi. (2018). Sosialisasi dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi Muballigh di Kabupaten Kebumen. Surakarta : STIKes PKU Muhammadiyah Surakarta.

Santosa, Budi. (2013). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta : Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

STIKes Dharma Husada Bandung. (2018). Pedoman Akademik&Kemahasiswaan Tahun Akademik 2018-2019. Bandung : STIKes Dharma Husada Bandung.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukadi. (2008). Progressive Learning: Learning By Spirit. Bandung : MQS Publishing.

Supardi, S. (2013). Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta Timur : CV. Trans Info Media.

Suranadi. (2017). Tingkat Pengetahuan Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar : Universitas Udayana.

Sylviana, Sukamto, & Rahman. (2017). Pengaruh Penkes terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada Siswa Keperawatan Tingkat 2 di SMK Medika Samarinda Tahun 2017. Jurnal Husada Mahakam. Vol. IV No.6, 368-376.

Turambi, DKK. (2016). Pengaruh Pengetahuan dan Keterampilan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Langowa. http://jurnal.unsrittomohon.ac.id/index.php/jurnalprint/article/view/222 diakses pada 17 januari 2020.

Turangan, T.W.S., Kumaat, T., dan Malara., R. (2017). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan pengetahuan perawat dalam menghadapi cardiac arrest di RSUP Prof R.D Kandou Manado. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Universitas Indonesia. (2009). Buku Saku Universitas Indonesia. Depok : Universitas Indonesia.

Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung : Alfabeta.

WHO. (2015). World Health Statistic. Geneca : World Healt Organization.

-------. (2017). Cardiaovaskular Deases. https://www.who.int/health-topics/cardiovascular-diseases/#tab=tab_1 diakses pada 09 Mei 2020

Widiastuti, Nasti Ulfah. (2019). Pengetahuan Tim Reaksi Cepat Tentang Bantuan Hidup Dasar di RSUD Kabupaten Sumedang.

Yukl, Gart. (2015) Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta : Indeks Jurnal.

Yustisa, Aryana, & Suyasa. (2014). Efektifitas Penggunaan Media Cetak dan Media elektronika dalam Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Siswa. JKL : 4(1). Hal. 29-39.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v4i2.1018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.