ANALISIS PENGARUH NUTRITION LABEL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK LEMONILO DI KOTA MEDAN

Victor Victor, Huliman Huliman, Fransiska Fransiska

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya konsumen di Kota Medan yang sadar akan kesehatan dan menggunakan label nutrisi serta harga sebagai pertimbangan utama dalam memilih produk makanan sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nutrition label dan harga terhadap keputusan pembelian produk Lemonilo di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menganalisis secara menyeluruh terhadap pokok bahasan. Populasinya adalah konsumen produk Lemonilo di Kota Medan. Penelitian menggunakan pendekatan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan sebesar 10%. Besar sampel dalam penelitian ini terdiri dari 97 sampel. Untuk menilai validitas dan reliabilitas tes, sampel sebanyak 30 konsumen dipilih dari seluruh populasi yang dipertimbangkan. Penelitian menunjukkan bahwa nutrition label dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Lemonilo di Kota Medan. Koefisien determinasi sebesar 0,383 atau 38,3% menunjukkan bahwa gabungan pengaruh nutrition label dan harga dalam menjelaskan keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 38,3%. Sisanya sebesar 61,7% varians mungkin disebabkan oleh faktor di luar variabel yang diteliti, seperti cita rasa, kemasan, inovasi produk, citra merek, kualitas produk, promosi, dan lain-lain.
Kata Kunci: Nutrition Label, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v15i2.6499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.