Studi Eksplorasi Dampak E-Commerce Terhadap Kualitas Hidup Pedagang Pasar Tradisional Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Meyyana Hidayati, Rina El-Maza

Abstract


Kehadiran e-commerce telah menyebabkan penurunan jumlah kunjungan konsumen ke pasar tradisional, yang berdampak negatif pada tingkat penjualan para pedagang. Hal ini disebabkan oleh persaingan dengan platform e-commerce yang menawarkan diskon besar-besaran kepada konsumen, sehingga mengurangi daya tarik pasar tradisional. Harga produk yang lebih rendah di e-commerce menjadi salah satu faktor yang membuat konsumen cenderung beralih dan kurang berminat berbelanja di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas wawasan terkait dampak e-commerce terhadap kualitas hidup pedagang pasar tradisional, serta untuk mengetahui penerimaan dan penolakan e-commerce oleh pedagang pasar tradisional. Penelitian menggunakan metode penelitian lapangan dan sifat interpretatif dengan pendekatan grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang di pasar tradisional mengalami penurunan kualitas hidup. Namun, para pedagang mayoritas menerima e-commerce sebagai inovasi yang berpotensi meningkatkan penjualan dan kualitas hidup mereka dengan syarat adanya pelatihan literasi digital.

Full Text:

PDF

References


Adiarta, S. (2016). Studi Eksplorasi Proses Pembelajaran Kompetensi Memelihara Mekanisme Kopling pada Siswa Kelas T-Tep dan Kelas Reguler di SMk Negeri 6 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 44–59. http://repository.upi.edu/24199/6/S_TM_1003262_Chapter3.pdf

Arifin, A. N. D., Tallar, R. Y., Nugraha, A., Ginting, S., Ayudhira, A. S., Wianto, E., Pramauliate, A. W., Margaretha, Y., Christian, A. L., Pattipawaej, O. C., Fitriani, A. N., Arisandhy, V., Tjak, B., & Gunawan, R. (2022). Profesionalisme Kewirausahaan. Zahir Publishing, 7–41. https://eprints.uny.ac.id/23882/4/BAB II.pdf

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asnawi. (2008). Pengantar E-Commerce dan Aplikasinya dalam Bisnis.

Denzin, N.K., & Lincoln, Y. S. (2011). SAGE Handbook of Qualitative Research (C. S. Publications (ed.)).

Faturrochman. (1990). Kualitas Hidup Sebagai Sasaran Pembangunan. Kompas.

Halim&Prasetyo, B. (2005). Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia. Pustaka Belajar.

Hasiara, L. O. (2012). Metode Penelitian Multi Paradigma Satu Pembangun reruntuhan Metode Penelitian yang berserakan (p. 51).

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Mokodompit, M. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter. PT Literasi Nusantara Abadi Group.

Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2425–2433. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5769

Rogers, E. M. (2003). Difussion of Innovations (5th Edition). Free Press.

Saebani, B. A. & B. A. (2009). Metodologi Penelitian. CV Pustaka Setia.

Slamet Riyanto, A. S. A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Tekhnik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Soemarwoto. (2009). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Gajahmada University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alvabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tri, I. (n.d.). Wawancara Pedagang Pasar Tradisional.

Turah, I. (n.d.). Wawancara Pedagang Pasar Tradisional.

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v15i1.5808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.