Pengaruh Konten Pemasaran, Kualitas Produk, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Sari Roti (Studi Pada Masyarakat Sidoarjo)

Fijar Dwi Asyari, Rizky Eka Febriansyah, Misti Hariasih

Abstract


Masyarakat Indonesia dengan berbagai aktivitas yang padat, tidak hanya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, tetapi juga memilih alternatif lain seperti roti. Roti merupakan sumber karbohidrat alternatif selain nasi. Roti kini menjadi makanan pokok terbesar ketiga di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh konten pemasaran, kualitas produk dan word of mouth terhadap minat beli sari roti. Penelitian ini dilakukan di Kota Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode non probability dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuensioner yang memanfaatkan plafrommedia sosial yaitu google form, populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang didapat dari rumus Cochran sebagai penentu jumlah responden. Uji penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji T, uji koafisien korelasi berganda dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu konten pemasaran, kualitas produk dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli Sari Roti.

Full Text:

PDF

References


U. Rahmawati, S. Bintarti, and E. N. Kurniawan, “Nilai yang Dirasakan dan Harga terhadap Niat Pembelian Kembali dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Sari Roti dan Moderasi Personal Selling (Studi Kasus pada Konsumen Roti Merek Sari Roti di Kabupaten Bekasi),” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 16834–16850, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2892.

Retno Wahyu Wulandari, “AMORPHO BACKER ANEKA ROTI SUWEG SEBAGAI MAKANAN ALTernatif,” vol. 5, pp. 1–14, 2023.

F. H. Putri, “Analisis Pengaruh Kemasan Produk Belanja Online Terhadap Jumlah Sampah Plastik di Indonesia,” J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 1022–1025, 2023.

N. R. Utami and M. Melati, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Breadtalk Bogor Trade Mall,” Glob. Res. Tour. Dev. Adv., vol. 5, no. 2, pp. 123–138, 2023, doi: 10.21632/garuda.5.2.123-138.

I. SECHAN, “PENGARUH INDUSTRI HALAL TERHADAP PERKEMBANGAN EKSPOR PRODUK HALAL INDONESIA,” J. Econ. Perspect., vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2022.

M. I. L. dan T. S. Kaihatu, “PENGARUH VARIASI PRODUK, PRODUCT KNOWLEDGE DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI BUTUHBAJU,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 6, 2021.

B. M. Indriawan and I. H. Santoso, “Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 905–914, 2023, doi: 10.37676/ekombis.v11i1.3368.

Laditri, T. Hardiyanah, R. Hidayati, and A. H. Nasution, “Pengaruh Content Marketing , Sales Promotion , Personal Selling,” J. Accounting, Manag. Econ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 75–92, 2023.

A. Caniago and A. E. Rustanto, “Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Di Jakarta,” J. Manag. Small Mediu. Enterp., vol. 15, no. 3, pp. 367–378, 2022, doi: 10.35508/jom.v15i3.7368.

Y. P. Putra, H. Purwanto, and L. N. Sulistiyowati, “Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening,” MBR (Management Bus. Rev., vol. 6, no. 1, pp. 69–80, 2022, doi: 10.21067/mbr.v6i1.6952.

S. M. Ardana, I. H. Hanifah, D. Chaliftah, and R. O. Viana4, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Live Streaming Marketing Shopee Pada Akun Jasmine Jilbab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Surabaya),” Mufakat, vol. 1, 2023.

D. Mulyanto, “Word of Mouth, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya PadaKeputusan Pengguna Jasa Transportasi GojekDi Kota Surakarta,” J. Manaj. Pelayaran Nas., vol. 05, no. 01, pp. 29–34, 2022.

A. A. Khusna, “Pengaruh Kualitas Produk, WOM (Word Of Mouth), Harga terhadap Minat Beli pada Warung Makan Nasi Pecel Nyamleng di Desa Annafik,” Indones. J. Cult. Community Dev., vol. 14, 2023.

D. Nuvia Ningsih, C. Wahyu Hidayat, and R. Rusno, “Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word of Mouth,” J. Ris. Mhs. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.21067/jrmm.v6i1.4464.

Y. P. Rahma and M. B. Setiawan, “PENGARUH BRAND AMBASSADOR , ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( e-WOM ) DAN,” E-Qien, vol. 11, no. 4, 2022.

R. Adelia and S. B. Cahya, “Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang Di Kota Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 11, no. 3, pp. 325–333, 2023.

H. Keshya, R. Pujinata, and C. Efrata, “Pengaruh E-Wom, Content Marketing, dan Consumer Innovatiness Terhadap Minat Beli Produk Sincare Di Indonesia,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 8, no. 6, pp. 656–672, 2023.

U. M. Area, MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE ( STUDI KASUS PADA DESA SUMBER MELATI DISKI ) SKRIPSI OLEH : REY STEPANUS GINTING PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE ( STUDI KASUS PADA DESA SUMBER MELATI DISKI ) SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area Oleh : REY STEPANUS GINTING. 2024.

D. A. Patricia and W. Widiartanto, “Pengaruh Country of Image dan Perceived Value terhadap Keputusan Pembelian Liptint TonyMoly Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswi FISIP UNDIP),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 9, no. 4, pp. 590–598, 2020, doi: 10.14710/jiab.2020.28873.

R. Daulay, S. Handayani, and I. P. Ningsih, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan,” Pros. Konf. Nas. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 1, pp. 1–14, 2021.

R. R. MAHENDRA, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, ONLINE MARKETING, ELECTRONIC WORD of MOUTH, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK FELLAS.CO,” Performa, vol. 6, no. 3, pp. 255–264, 2021, doi: 10.37715/jp.v6i3.2528.

I. Dewi, W. R. Adhitya, and E. P. Sari, “Pengaruh Trend Fashion Korea Selatan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Pembelian Produk Impor Korea Selatan di Medan Kota,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 537–544, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i1.3339.

A. Fauzi, Rukmini, and S. Wulandari, “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Kedaung Medan LTD,” J. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2020.

Z. N. A. Rafadhilah, “PENGARUH INTERNET ADVERTISING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PERSEPSI DAN NIAT BELI PADA TOKO ONLINE,” 2020.

A. P. Retnani and C. M. Srihandayani, “Pengaruh Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Rumah Makan Ayam Bawang Cak Per Sidoarjo,” J. Sustain. …, vol. 2, no. 1, pp. 577–586, 2021.

E. M. Sarah and R. R. Purba, “Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Membeli Produk Minuman Bear Brand Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Kesehat. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 210–214, 2021.

M. Ansar, I. B. N. Udayana, and B. D. Maharani, “Pengaruh Social Media Marketing , Electronic Word of Mouth , dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Dagadu Djokdja Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening,” vol. 5, no. 1, pp. 280–293, 2024.

P. Az-Zahra and A. Sukmalengkawati, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 2008–2018, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2573.

S. Aisyah, “PENGARUH LABEL HALAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI PADA MAHASISWA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA,” 2022.

L. Angelica and U. Soebiantoro, “Analisa menggunakan dompet digital,” J. Manaj., vol. 14, no. 2, pp. 232–238, 2022, doi: 10.30872/jmmn.v14i2.11209.

R. N. Shadrina and Y. Sulistyanto, “ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang),” Diponegoro J. Manag., vol. 11, no. 1, pp. 1–11, 2022, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

N. A. Jariyah, H. M. K. Sari, and R. A. Sukmono, “Influence of people, price perception and physical evidence on purchasing decisions mixue prigen,” J. Econ. Bus. Account., vol. 7, no. 2, pp. 3514–3530, 2024.

S. N. Mita Ananda Fairuz, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Sari Roti,” Vol. 8, No. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 2022.

P. N. L. Firdaus, “Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Cakra Kencana Lestari,” Vol. 8, No. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, Maret 2024.

Dedy Kasingku, J., & Lumoindong, B. "Peran Penting Pendidikan Lewat Makanan Bergizi dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Kesehatan Tubuh dan Pikiran: Studi Literatur", Journal on Education, 05(04), 16071–16080, 2023.

Shandrya Victor Kamanda, "PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK CIMORY PADA SINAR MART," Jurnal AL-AMAL, Vol. 2, No. 1, Pp. 66-72, 2023.

Fonny Dwi Citrawati, Mochamad Rizal Yulianto, Rizky Eka Febriansah And Lilik Indayani, "Pengaruh Video Marketing, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pengguna Marketplace Shopee, " J. of Economics and Business, Vol 8, No 2, Pp. 1226-1233, 2024-09.

Sekar Meilana Kinanthi Astuti, Ambar Lukitaningsih And Lusia Tria Hatmanti Hutami, "Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Beauty Vlogger, Word Of Mouth, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Emina (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), " Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 9 No. 1, pp. 53-62, 2021.

Imroatu Ainiyyah And Asri Rejeki, "Pengaruh Brand Image dan Konten Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk Erigo", Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 5, Pp. 3256-3272, 2022

Iqbal Zahara Firdaus, Purwoko, And Rai Rake Setyawan, "ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN", Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), Vol. 6 No. 3,Pp. 1466-1478, 2022.

Annafik Asmaul Khusna And Misti Hariasih,"Pengaruh Kualitas Produk, WOM (Word Of Mouth), Harga terhadap Minat Beli pada Warung Makan Nasi Pecel Nyamleng di Desa, 'Indonesian Journal of Cultural and Community Development, Vol 14 No 1, Pp. 1-17, 2023.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v15i1.5533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.