Strategi Promosi Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pemberian Batik Tebo

Anggy Qurnia Raafy Hasibuan, Alex Ferdinal, Tesi Novera, Rahazni Rahazni, Mutia Ulpa

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi promosi berbasis kearifan lokal melalui pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian batik Tebo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, melalui strategi promosi yang mengedepankan kearifan lokal, dan menganalisis pemahaman, kesadaran masyarakat terkait pelestarian budaya batik khas Tebo serta memperluas pangsa pasar di luar wilayah lokal dengan memanfaatkan e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik Indepth Interview dan analisis Strutural Equation Modeling (SEM) menggunakan program Partial Least Square. Penelitian ini dilakukan di Rumah Batik Rizki Danan berlokasi di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian; (3) Strategi Promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian; (5) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap kearifan lokal; (6) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan Strategi Promosi terhadap kearifan lokal; (7) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan Kearifan Lokal terhadap Keputusan Pembelian; (8) Dengan kata lain terdapat pengaruh yang tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variabel mediasi; (9) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi harga terhadap Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variable mediasi; (10) Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan strategi promosi terhadap jumlah Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variable mediasi.

Full Text:

PDF

References


Sunarzi, M. (2023). Strengthening Competitiveness Batik New Normal Bogor: Penerapan Digital Marketing Social Media Instagram pada Produk Kearifan Lokal Desa Tegal Kecamatan https://repository-feb.unpak.ac.id/xmlui/handle/123456789/7597%0Ahttps://repository-feb.unpak.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/7597/2023 Muhamad Sunarzi 021119139.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Soedirman, U. J. (2013). Bambang Suwanto- 2013. 03, 298–312.

Putrayasa, I. M. A., Astuti, N. N. S., Ayuni, N. W. D., & Adiaksa, I. M. A. (2020). Implementasi Green Tourism dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengembangan Wisata Edukasi di Dusun Petapan Desa Aan Kabupaten Klungkung. Bhakti Persada, 6(1), 46–55. https://doi.org/10.31940/bp.v6i1.1861

Rasyid Ohorella, N., & Prihantoro, E. (2021). Pengembangan Branding Pariwisata Maluku Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Komunikasi, 16(1), 89–99. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art7

Larissa Diva Nabilah, & Sonja Andarini. (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Inovasi dan Kemasan dalam Penerapan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM di Desa Ngepoh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 67–77. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.174

Ismawati, I. (2017). Strategi Pengembangan Taman Wisata Lembah Harau Berbasis Kearifan Lokal : Tungku Tigo Sajarangan. Agriekonomika, 6(2), 151. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i2.1830

Nabila Aulia, A. (2022). Strategi Promosi UMKM Batik Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Muria Batik Kudus) (Vol. 19). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40483

Santoso, H., Akbar, Z., & Helmina, H. (2022). Analisis Sistem Informasi Keberhasilan Website Siap Ppdb Online Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Dengan Metode Delone and Mclean. Jurnal Informatika, Sistem Informasi Dan Kehutanan (FORSINTA), 1(2), 1–11. https://doi.org/10.53978/jfsa.v1i2.244

Prayoga, Y., & Pohan, M. Y. A. (2022). Electronic Word of Mouth (eWOM): Menguji Pengaruh Pengalaman Positif, Persepsi Kualitas dan Kepercayaan. Studi Kasus: Restoran di Labuhanbatu. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 283. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.393

Tranggono, D., Achmad, Z. A., & Nurhaqiqi, H. (n.d.). Pemasaran Batik Tulis.

Roza, W., Dharma, R., & Azka, B. P. (2021). UPI YPTK Journal of Business and Economics (JBE). 6(3), 71–77.

Bahri, M. F. (2023). Strategi Pegembangan Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Triple Helix Pada Industri Kerajinan Batik Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember (Issue November).

Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 2(1), 42–47. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/74

Catur, M., Putra, Z. A., & Oemar, E. A. B. (2020). Analisis Strategi Visual Branding Flip Burger Dengan Pendekatan Teori Branding Marty Neumeier. Jurnal Barik, 1(3), 80–102. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v15i1.5166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.