Strategi Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Saitt Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Sidamanik Melalui Desa Wisata

Elfina Okto Posmaida Damanik, Muldri PJ Pasaribu, Rahmainim Saragih, Meylida Nurchmania, Ummu Harmain

Abstract


Desa Sait Buttu Saribu merupakan salah satu nagori yang ada di kecamatan Pematang Sidamanik, kabupaten Simalungun, provinsi Sumatera Utara,Indonesia. Nagori Sait Buttu Saribu merupakan salah satu dari 9 Nagori dan 1 kelurahan di Kecamatan Pamatang Sidamanik. Dengan luas wilayah +1347 Ha atau 30 dari luas Kecamatan Pamatang Sidamanik sebesar 13.654Ha. Nagori Sait Buttu Saribu terletak pada ketinggian rata – rata 800m di atas permukaan laut. jumlah dari Penduduk Nagori Sait Buttu Saribu berjumlah 4972 jiwa Sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian dari bertani, berdagang, dan beternak. Tahun 2021 desa Saitt Buttu Saribu ini ditetapkan sebagai salah satu desa wisata menawarkan wisata Agroekoedukasi dan Orientasi Budaya yang dikembangkan oleh masyarakat setempat. Sampai saat ini Desa Wisata Saitt Buttu mengalami kendala dalam menjalankan desa wisata, dimana jumlah wisatawan yang berkunjung tidak signifikan naik, sehingga pendapatan masyarakat sebagian besar dari hasil pertanian. Sehingga untuk dapat meningkatkan pendapatan masayarakat dari desa wisata ini diperlukan suatu strategi pengembangan yang diterapkan Desa Wisata Saitt buttu agar mendapatkan strategi yang cocok dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil analisis faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal tersebut diolah dengan menggunakan Matriks SWOT. Hasil dari pengolahan tersebut menghasilkan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh Desa Wisata Saitt Buttu. Hasil penentuan strategi dalam pengembangan Desa Wisata Saitt Buttu adalah membuat paket wisata baru dengan mempertahankan yang sudah ada dan memanfaatkan potensi yang masih belum dimaksimalkan; menjaga, melestarikan, dan menambah fasilitas dan potensi yang sudah ada; kegiatan wisata Direct Interaction lebih diperkuat pada segi lingkungan; memperbaiki jalan, menambah petunjuk arah dan tiket masuk atau karcis masuk; menerapkan perkembangan dan penggunaan teknologi dan melakukan kerjasama atau bermitra dengan biro perjalanan wisata untuk promosi; meningkatkan atau menambah pelayanan, kualitas, dan fasilitas yang sudah ada; dan melakukan kerjasama atau bermitra dengan tempat wisata lain
Kata kunci: Pendapatan, Desa wisata saitt buttu, SWOT

Full Text:

PDF

References


Abiyyu F, B. and Indrarini, R. (2023) ‘Pengaruh Zakat Produktif dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Mustahik (Studi kASUS pADA baznaz Jatim)’, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 3(1), pp. 551–563.

Ardiansyah, I. and Iskandar, H. (2022) ‘Analisis Potensi Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Dengan Menggunakan Metode Analisis ADO-ODTWA’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), pp. 2622–2630.

Febriyandani, A. and Meirinawati (2013) ‘MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT KAPUR JEDDIH MADURA (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangkalan’, MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT KAPUR JEDDIH MADURA (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangkalan, 53(9), pp. 1689–1699.

Lumansik, J. R. C., Kawung, G. M. V and ... (2022) ‘Analisis Potensi Sektor Pariwisata Air Terjun Di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa’, Jurnal Berkala Ilmiah …, 22(1), pp. 13–23. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/38177.

Madji, S., Engka, D. S. M. and Sumual, J. I. (2019) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Rumput Laut Di Desa Nain Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara’, Jurnal EMBA, 7(3), pp. 3998–4006.

Muhammad Ahib Fathurrahman (2019) ‘strategi peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan desa wisata pulesari di turi sleman’.

Pariyanti, E., Rinnanik and Buchori (2020) OBJEK WISATA DAN PELAKU USAHA (Dampak Pengembangan Objek Wisata terhadap Ekonomi Masyarakat).

Pertiwi, D. (2018) ‘Analisis strength, weakness, opportunities, threat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung’, p. 100.

Putra, I. G. N. A. B. (2019) ‘Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada Ud. Kacang Sari Di Desa Tamblang’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), p. 397. doi: 10.23887/jjpe.v9i2.20106.

Syarifah, R. and Rochani, A. (2022) ‘Studi Literatur: Pengembangan Desa Wisata Melalui Community Based Tourism Untuk Kesejahteraan Masyarakat’, Jurnal Kajian Ruang, 1(1), p. 109. doi: 10.30659/jkr.v1i1.19983.

Zen, Z. W., Albar, B. B. and Mayasari, H. (2017) ‘Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), pp. 1–12. Available at: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1441.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i3.4284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.