Pelatihan Membentuk Ekuitas Merek Dapat Meningkatkan Margin Penjualan Pada Bisnis Industri Kopi Nako Di Kalisari, Pasar Rebo Rebo Jakarta Timur

Sakti Brata Ismaya, Sri Yulianti, Titus Indrajaya, Hammad Hammad, Rushadiyati Rushadiyati, Mei Supriyani

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini untuk memberikan edukasi tentang bisnis industri kopi yang membentuk Brand Equlity. Dalam masa yang belum pandemi ini banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat skala mikro khususnya para pelaku usaha yang masih kesulitan dalam melakukan brand equity pada produknya, melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya kegiatan PKM ini, dengan langkah-langkah yang dapat dilakukan. upaya kewirausahaan untuk memberdayakan para pelaku usaha industri kopi di kafe, kedai kopi dan kedai atau kedai kopi dalam membentuk ekuitas merek untuk meningkatkan margin penjualan dalam pemasaran offline dan digital. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran dalam pelatihan bagaimana menciptakan ekuitas merek yang dapat meningkatkan penjualan. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dan pelaku usaha industri kopi skala mikro berbasis digital. Dan dapat ditempuh dengan mengikuti pelatihan offline, melakukan pemasaran offline dan online dalam aplikasi digital, memperoleh tips sukses membentuk ekuitas merek secara offline melalui workshop dan sosialisasi secara bertahap hingga membentuk ekuitas merek karena menjadi kekuatan merek yang menjanjikan nilai yang diharapkan konsumen bagi konsumen. suatu produk sehingga pada akhirnya konsumen akan merasakan kepuasan yang lebih jika dibandingkan dengan produk lainnya. Sebuah merek dituntut untuk memiliki ekuitas yang tinggi. Kemajuan teknologi memudahkan produk untuk direplikasi. Konsumen dihadapkan pada terlalu banyak pilihan, namun sayangnya informasi mengenai kualitas produk di pasaran sangat minim. Merek yang kuat akan menjanjikan konsumen untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan tentunya hal ini akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen dalam memilih merek tertentu.
Kata Kunci: Ekuitas Merek, Digital Marketimg, Margin Penjualan, Industri Kopi

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity. New York: The Free Press. Grewal, Dhruv and Levy, Michael. 2008. Marketing. New York: The McGraw-Hill Companies.

Diamond, S., (2019), Digital Marketing for Dummies, John Wiley and Sons Inc

Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga

Adi Susilo (2019), Manajemen Pemasaran, Bandung, Pers

Tentry Soses, Andi. (2021). Strategi Pemberdayaan Usaha Sekala Mikro. Yayyasan Cendekiawan Indonesia Timur (YCIT)

Kotler, Philips dan Gary Amstrong; Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan (2018), Marketing Moving from Traditional to Digital; Jakarta: Erlangga

Kingsnorth, S., (2016), Digital Marketing Strategy (An integrated approach to online marketing), Kogan Page

Dr. R. Zulki Zulkifli Noor (2019), Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Digital. Bandung, Pers

Hadi, G.P (2015) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Rangka Milenium

Development Goal 2015. Jurnal ilmiah CIVIS.5(1)

As’ad Sonief, A., Nuraini, Y., & Arief Setyabudi, S. (2019). Digitalisasi Industri Kecil Dan Produk Pertanian Daerah Upaya Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten

Banyuwangi. Journal of Innovation and Applied Technology, 5(1), 842– 847. https://doi.org/10.21776/ub.jiat.2019.005.01.5

Dan, D., Seiri, I., Pada, S., Jenang, U., Kudus, A., Hikmah, N., Aziz, M. A., & Khoiriyah, N. (2020). Digitalisasi dan implementasi 5s (. 1(1).

Diningrat, D. S., Maulana, B., & Gultom, E. S. (2017). Digitalisasi UMKM Makanan Sehat Desa Sahkuda Bayu Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. September, 237–241.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195–204.

Hardianto T.W., Emelia dan Chornelia R.M. (2021). Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid 19 (Studi Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. Ejournal.unitomo.ac.id.

Nguyen, B., Yu, X., Melewar, T.C., and Chen, J. 2015. ‘Brand innovation and social media: Knowledge acquisition from social media, market orientation, and the moderating role of social media strategic capability’, Industrial Marketing Management, Vol. 51, pp.11–25

Keiningham, T. L. and Vavra, T. G. (2002). The customer delight principle: Exceeding customers' expectations for bottom-line success, New York: McGraw-Hill.

Kumar V, Simon A, Kimberley N. (2000). Strategic capabilities which lead to management consulting success in Australia. Manag Decis.

Scholten, S., & Scholten, U. (2012). Platform-based innovation management: Directing external innovational efforts in platform ecosystems. Journal of the Konowwledge Eonomy, 3(2), 164-184.

Bassiti, L.E., & Ajhoun, R., (2013). Toward an innovation management framework: A life-cycle model with an idea management focus. International Journal of Innovation, Management and Technology, 4(6), 551.

Grover and Kohli, 2013, Revealing your hand: Caveats in implementing digital business strategy, MIS Quarterly 37(2):655-662

Bharadwaj A, Sawy O, Pavlou P, Venkatraman N. (2013). Visions and

Voices on Emerging Challenges in Digital Business Strategy. MIS Q. Jun 1; 37:633–61. Grimstad dan Burges (2016)

https://doi.org/https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/15 2

Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2019). Pengembangan Model Kesiapan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 3(1), 37–42. http://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JMTSI

Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2), 106–110.

Prabowo, H. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Koperasi Berbasis It. Maqdis:Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3, 17–30.

Setiyawan. (2013). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Pelaku Umkm Terhadap Digitalisasi Dalam Bidang Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i1.4192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.