Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Iklan Media Sosial Yang Berdampak Pada Meningkatnya Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale

Ahmad Umam Sofi'i, Syaiko Rosyidi

Abstract


Kegunaan kegiatan ini yaitu untuk membuktikan dampak dari faktor-faktor ada dalam analisa ini mempengaruhi keputusan pembelian air minum Le Minerale di Kecamatan Sumber. Populasi penelitian adalah masyarakat Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang yang pernah membeli dan mengkonsumsi air minum Le Minerale. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Untuk membuktikan analisa dilakukan dengan teknik multiple regression. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; 1) citra merek memiliki dampak negatif pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, 2) variabel kealitas produk dan iklan media sosial memiliki dampak positif pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, 3) variabel harga memiliki dampak positif tidak signifikan pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Pada hasil pengetesan uji determinasi memperlihatkan angka persentase 77,7% yang berarti keempat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mampu menjelaskan dengan angka persentase tersebut.

Full Text:

PDF

References


Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Kaoperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(September), 1–13. https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/215

Fariantin, H. E., & Samudra, H. (2020). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Pada PT. Lingkoq Pandan Narmada. Jurnal Kompetitif : Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 82–90.

Laoli, Y., & Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Di Kota Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(1), 50–59. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/20

Mappadeceng, R., & Fhaikhoh, N. (2022). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Arthess PT. Lingga Harapan Jambi (Studi Kasus Di Kelurahan Tanjung Pinang Jambi Timur). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 20. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i1.296

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Pratama Indrianto, A. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek ades di yogyakarta. Journal Economics and Business, 18(2), 2021–2223. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepatu merek Adidas (Studi di Toko Origial Sportcenter cabang Medoho Semarang). Procceding Sendiu, 42–53.

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–18.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i1.3841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.