Brand Personality dan Brand Trust Sebagai Anteseden Brand Loyalty Studi Konsumen Sepatu Sport Puma di Bandung

Bimo Yudianto, Yadi Ernawadi

Abstract


Penelitian ini untuk menguji pengaruh brand personality terhadap brand loyalty melalui brand trust konsumen sepatu Puma di Kota Bandung. Instrumen penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas dan reliabilitas. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data dari 97 responden. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan yaitu cross-sectional atau one shot study. Analisis data dilakukan melalui structural equation modelling (SEM) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Ke 4 hipotesis penelitian yang diusulkan berhasil didukung data empiris. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa brand personality berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap brand loyalty melalui brand trust. penelitian ini untuk memberikan solusi atas rendahnya brand loyalty konsumen sepatu Puma di Kota Bandung maka penting bagi manajer perusahan untuk memahami faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan brand loyalty.

Full Text:

PDF

References


Aaker, jennifer L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal OfMarketing Research, 34. https://doi.org/10.2307/3151897

Azoulay, A., & Kapferer, J.-N. (2003). Do brand personality scales really measure brand personality? HENRY STEWART PUBLICATIONS, 11.

Elvina, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepatu adidas di d.i.yogyakarta. Jurnal performa : jurnal manajemen dan start-upbisnis, 7(6),643–656. https://doi.org/10.37715/jp.v7i6.2984.

Ernanda, N. S. A. (2019). Pengaruh Brand Personality Terhadap Brand Awareness, Brand Trust, Dan Brand Loyalty Sepatu Olahraga Brand Adidas Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1). https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3727

Griffin, jill; Ratri Medya; Yati Sumiharti; Wisnu C. Kristiaji; Dwi Kartini Yahya. (2003). Customer loyalty: menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan / Jill Griffin ; alih bahasa, Dwi Kartini Yahya ; editor, Yati Sumiharti, Ratri Medya, Wisnu C. Kristiaji. Jakarta : Erlangga customer loyalty : menumbuhkan dan mempertahankan pelanggan.

Histoy Of Puma. (2023). https://about.puma.com/en

Janitra, R., & Tjokrosaputro, M. (2022). Pengaruh Brand Experience, Brand Personality, Dan Brand Satisfication Terhadap Brand Loyalty Produk Sepatu Compass Pada Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 04(02). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18254

Jesus, M. Y.-G. M., Jose, L. M.-A., & Elena, D.-B. (2003). Development and validation of a brand trust scale. In Journal of Market Research (Vol. 45, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/264550157_Development_and_validation_of_a_trust_scale

Lau, G. T., Lee, S. H., & Manager, M. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. In Journal of Market Focused Management (Vol. 4). https://doi.org/10.1023/A:1009886520142

Muzakki, H., & Damayanti, T. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573

Noberta, H., & Wati, L. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN PENGGUNA SEPATU SPORT MEREK NIKE DI KOTA PADANG. AFEBI Economic and Finance Review, 5(1), 65. https://doi.org/10.47312/aefr.v5i01.457

Oliver, R. L. (1999). “Whence Consumer Loyalty?” Journal of Marketing, vol. 63, 1999, pp. 33–44. JSTOR, https://doi.org/10.2307/1252099

Pandey, R., Sudershan Reddy, L., Chaudary, V., Tezaryning Widyawati, V., Gai Sin, L., Khairul Amali Bin Mohd Ghazali, M., Mui Hung Kee, D., Firdaus Bin Ibrahim, M., Zulhusni Bin Ahmad Fadzeil, M., & Azwanie Binti Mohamed, N. (2010). Analysis the Effect of Product Quality and Price on Purchase Decision (Case Study of Adidas India, Indonesia, and Malaysia). In India CMS Business School (Vol. 24, Issue 1). DOI:10.32535/ijafap.v4i1.1034

Prawira, A. A. N. D. N., & Setiawan, P. Y. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN SEPATU MEREK NIKE. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(12), 1305. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i12.p03

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Di Toko Original Sportcenter Cabang Medoho Semarang). https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8043

singh, navneet. (2018). Puma Brand Manual. issuu. https://issuu.com/navneetsingh31/docs/book_10x7.5

Sung, Y., & Kim, J. (2010). Effects of brand personality on brand trust and brand affect. Psychology and Marketing, 27(7), 639–661. https://doi.org/10.1002/mar.20349

Taniansyah, D. I., & Rizal, I. (2021). IMPLEMENTASI METODE TREND MOMENT PADA PREDIKSI TREN PENJUALAN SEPATU DI TOKO GARAGESHOESSMI KOTA SUKABUMI. Jurnal Sistem Informasi, 2(2), 205. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jasisfo/article/view/3495

Topbrand-award.com. (2023). https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=20&id_subkategori=461

Villagra, N., Monfort, A., & Sánchez Herrera, J. (2021). The mediating role of brand trust in the relationship between brand personality and brand loyalty. Journal of Consumer Behaviour, 20(5), 1153–1163. https://doi.org/10.1002/cb.1922

Yulianti, N., & Setyawati, A. H. (2018). Pengaruh Brand Association, Brand Identity Dan Brand Personality Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Carvil Di Kecamatan Kebumen). http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/121/




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i2.3837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.