Rebranding, Inovasi Produk dan Persepsi Harga pada Produk Mako terhadap Minat Beli Ulang

Galih Cahyaningrum, Edi Nurtjahjadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rebranding, inovasi produk dan persepsi harga terhadap niat beli ulang produk Mako di Bandung. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan yang telah melakukan pembelian produk Mako yang berdomisili di Bandung. Besar sampel yang digunakan sebanyak 120 responden, dengan metode non-probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berdomisili di Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa rebranding berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk Mako di Bandung, inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk Mako di Bandung, persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap niat membeli kembali produk Mako di Bandung. Sebaiknya manajemen perusahaan Mako memperhatikan untuk terus memberikan kesan yang lebih baik dibandingkan merek sebelumnya, juga terus memperhatikan inovasi produk yang membedakannya dengan kompetitor dan memastikan harga sesuai dengan kualitas produk.
Kata kunci: rebranding, inovasi produk, persepsi harga, minat beli ulang

Full Text:

PDF

References


Andirani, F., & Anandita, C. (2019). Rebranding Sofyan Hotel Cut Meutia Dalam Meningkatkan Citra. Jurnal Pustaka Komunikasi , 02(1), 98–102.

Baik, M., Kabupaten, D. I., Barat, J., Noviyanti, A., Josses, A., Lovisa, A., Putra, B. S., Pier, J., Boanerges, J., Harrisen, R., Feby, R., & Ariq, Y. R. (2022). Strategi Rebranding Dalam Peningkatan Kinerja Umkm. 2022, 104–122.

DataIndonesia. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% pada Kuartal III/2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-462-pada-kuartal-ii2023

Dewantari, A. Z., Alvianto, R., Putri, C. P., Puspasari, M. D., Setiawati, P. M., & Arum, D. P. (2022). Rebranding Produk Tas Rajut Terhadap Umkm Azza Rajut. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 723–727. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4651

Fatimah, N. O., & Transistari, R. (2022). Pengaruh Product Diversity, Price Perception, Location, dan Service Quality Terhadap Repurchase Intention Konsumen Kopi Njongke Yogyakarta. Cakrawala Bisnis, 3(2), 165–174.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.

Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Ayam Geprek Susan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230.

https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4651

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2016). Perilaku Konsumen: Membangun Strategi Pemasaran.

Pratiksa, J. D., & Hidayat, R. (2020). The Influence of Rebranding and Public Relation on Argo Cheribon Consumer Re-Buying Interest Pt Kereta Api Indonesia ( Persero ) Daerah Operasi 3 Cirebon in 2020. 6(2), 1366–1395.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial.

Prihatini, W., & Gumilang, D. A. (2021). The Effect of Price Perception, Brand Image and Personal Selling on the Repurchase Intention of Consumers B to B of Indonesian General Fishery Companies with Customer Satisfaction as Intervening Variables. European Journal of Business and Management Research, 6(2), 91–95. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.2.756

Putra, M. Y. S., Sagir, J., & Hilmiati. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Breadtalk Lombok Epicentrum Mall. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 55–68. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.132

Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10

Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212

Saraswati, N. P. L., Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., & Jodi, I. W. G. A. S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang pada Produk Minuman Chatime di Kota Gianyar. Diponegoro Journal of Management, 3(3), 703–715. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Methods for Business. In Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research.

Yasri, Y., Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price perception and price appearance on repurchase intention of Gen Y: do brand experience and brand preference mediate? Heliyon, 6(11), e05532. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05532




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i2.3790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.