Pengaruh Fasilitas Kampus dan Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen STMB MULTISMART Medan

Victor Victor, Selvia Selvia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh fasilitas kampus dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen STMB MULTISMART Medan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, mulai dari Agustus 2022 sampai Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling yaitu sensus sampling. Responden penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen STMB MULTISMART Medan dari angkatan 2019-2021 yang berjumlah 113 (seratus tiga belas) orang. Instrument yang digunakan berupa angket untuk mengumpulkan data dari variabel fasilitas kampus, variabel lingkungan kampus dan variabel motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t dan penghitungan koefisien determinasi. Penentuan hasil analisis deskriptif untuk variabel fasilitas kampus, variabel lingkungan kampus dan variabel motivasi belajar berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan analisis secara parsial, fasilitas kampus dan lingkungan kampus, berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen STMB MULTISMART Medan. Berdasarkan analisis secara simultan fasilitas kampus dan lingkungan kampus, berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen STMB MULTISMART Medan.

Full Text:

PDF

References


Handoko. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Hakim, Thursan. (2016). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Halim, N. H., & Rahma. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(2), 102–109.

Keeling, B. L. and Kallaus, N. F. (2016). Administrative office management, 11th ed. Ohio: International Thompson Publishing.

Kotler, Philip. (2019). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13 Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Prehallindo.

Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisi 12.Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, A. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Manullang. (2018). Manajemen Personalia. Yogyakarta : Med Press

Maslow dan Mathis. (2016). Manajemen Strategis: Konsep (Edisi 10). Salemba Empat. Jakarta.

Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sma 2 Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 10(1), 47–67. Retrieved from https://journal.lppmunasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/38.

Nurastanti, Z., Ismail, F., & Sukirman. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 41–46

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(5), 443–452

Riduwan. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Part Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy. (2016). Organizational Behavior. Edisi 12. Pearson Prentice Hall.

Rusiadi, et al. (2021). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press.

Sedarmayati. (2011). Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta:UPP STIM YKPN.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2016). Psikologi Lingkungan. Cetakan Pertama. Gramedia Grasindo. Jakarta.

Sihombing, Umberto. (2014). Pengaruh Keterlibatan Dalam Pengambilan Keputusan, Penilaian pada Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Pamong Praja. http://www.dupdiknas.go.ig.

Suparyanto. (2012). Kewirausahaan Konsep dan Realita Pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Tjiptono, Fandy. (2016). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Victor, V. (2021). KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADAMP EVENT PLANNERMEDAN. Jurnal Ilmiah Smart, V(1), 121–127.

Victor, V., & Viviana, V. (2022). SWOT Analysis as a Determinant of Marketing Strategy Case. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.36555/almana.v6i1.1751




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.