Pengaruh Website Quality, Perceived Risk, dan Online Customer Review Terhadap Online Customer Trust Melalui Online Purchase Intention Sebagai Mediator (Studi Kasus Pada Pembelian Situs Belanja Online E-Commerce)
Rafpli Syaputra, Seprianti Eka Putri
Abstract
Perkembangan teknologi modern dan perubahan globalisasi yang terus berlangsung diyakini akan menghasilkan inovasi dan peningkatan permintaan konsumen melalui kemajuan teknologi. Kemajuan tersebut dapat diciptakan melalui teknologi digital untuk hal-hal baru, seperti website belanja online atau situs e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas situs web, persepsi risiko, dan ulasan pelanggan online terhadap kepercayaan pelanggan online melalui niat membeli online pada pengguna belanja online e-commerce. 173 responden menggunakan website belanja online dengan menggunakan teknik non-probability dalam purposive sampling sebagai pendekatan pengambilan sampel. Untuk melihat hasil hipotesis digunakan SmartPLS 4 untuk mengelola datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko kualitas situs web tidak berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan online dan niat membeli, dan ulasan pelanggan online tidak berpengaruh terhadap ulasan pelanggan online. Namun, ulasan pelanggan online memiliki dampak signifikan terhadap niat membeli online. Sebelum berbelanja online, calon konsumen melihat review atau review terlebih dahulu dan membangkitkan niat pembeli online.
Kata kunci: Kualitas Situs Web, Risiko yang Dirasakan, Tinjauan Pelanggan Online, Kepercayaan Pelanggan Online, Niat