Pengaruh Brand Ambassador Lee Minho, Electronic Word of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunscreen Lokal Azarine

Putri Maharani, Agus Maolana Hidayat

Abstract


Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat terhadap sunscreen membuat perusahaan kecantikan atau perawatan kulit melakukan berbagai macam metode dalam melakukan promosi, begitu pula produk Azarine. Untuk meningkatkan keputusan pembelian, Azarine melakukan kerja sama dengan aktor asal Korea Selatan sebagi brand ambassador produk mereka. Komunikasi yang baik dari mulut ke mulut secara online juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk. Aktivitas komunikasi tersebut dinamakan electronic word of mouth. Tidak hanya itu, harga juga menjadi tolak ukur konsumen dalam membeli suatu barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand ambassador, electronic word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk sunscreen Azarine. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner secara online Populasi penelitian yaitu individu yang menggunakan produk sunscreen Azarine. Sampel penelitian sejumlah 200 orang responden dan data diolah menggunakn software SPSS 27 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian terlihat bahwasanya brand ambassador, electronic word of mouth, dan harga secara signifikan berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian pada produk sunscreen Azarine

Full Text:

PDF

References


Wadoe M, Syifaudin DS, Alfianna W, Aifa FF, D. P. N, Savitri RA, et al. Penggunaan Dan Pengetahuan Sunscreen Pada Mahasiswa Unair. Jurnal Farmasi Komunitas. 2020;6(1):1.

Asmiati E, Atmadani RN, Damayanti FD, Setiawan RA. Edukasi Pentingnya Penggunaan Sunscreen pada Kalangan Remaja di SMA Islam Sabilillah Malang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA. 2021;2(2):189

Hulu YW, Ekonomi F, Nias U. ANALISIS PROMOSI HUBUNGANNYA DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA CV . BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP PROMOTION IN INCREASING SALES AT CV . BINTANG. 2023;11(3):807–19.

Rohmiatika H. Hegemoni Budaya Warna Kulit Wanita Korea Sebagai Standar Kecantikan Wanita Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara dan Hukum. 2023;1(1):421–6.

Willa Tiara Amalia. PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN PADA REMAJA. 2022;10(2021):1227–36.

Hendayana Y, Afifah N. Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. Kinerja. 2021;3(1):32–46.

Shafira T, Mutia T. Fenomena Electronic Word-of-Mouth (eWOM) Bisnis Kuliner Menggunakan Instagram oleh Food Blogger Pekanbaru. Komunikasiana: Journal of Communication Studies. 2021;3(1):65.

Dr. Ulani Yunus MM. DIGITAL BRANDING. Nunik Siti Nurbaya, editor. Bandung; 2019. 219 p.

Alwi MA. THE EFFECT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH ON PURCHASING DECISIONS FOR SHOPEE PRODUCTS FOR GENERATION Z AND MILLENNIALS IN BONE REGENCY. 2023;14(1):23–32.

Fera PM, Asmin EA, Gunawan R. Brand Image Memediasi Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN) [Internet]. 2023;2(3):23–40.

Available from: https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1251

Delvianti YFYB. Yuli Fitri Yanti ; Bakkareng ; Delvianti Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi , Universitas Ekasakti Email : yulifitri0827@gmail.com Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik , karena preferensi dan sikap terhadap obyek setiap o. 2021;(1):167–82.

Herawati H, Putra AS. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education. 2023;5(2):4170–8.

Aqillah Ramadhanti. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Azarine Cosmetic. e-Proceeding of Management. 2022;9(3):1559.

Herlianti ZF, Handayani SS. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Promosi Pada Keputusan Pembelian Produk Azarine. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis. 2023;4(1):12–22.

Indriningtiyas D. Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce Di Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. 2022;6(2):219.

Suleman D, Suyoto YT, Prasetio T. How brand ambassador and trust on consumer purchase decisions of fashion products in the digital era. Journal of Economics and Business Letters. 2022;2(4):10–3.

Kertamukti. Strategi Kreatif Dalam Dunia Periklanan. PT RAJAGRAFINDO PERSADA; 2017.

Wulandari W, Sianturi A, Rahmadiani A, Nurinto B, Raudhatul KJ, Marsha A, et al. Electronic Word Of Mouth On Visiting Decisions. Journal of Tourism, Hospitality and Travel Management. 2023;1(1):17–22.

Hung SW, Chang CW, Chen SY. Beyond a bunch of reviews: The quality and quantity of electronic word-of-mouth. Information and Management [Internet]. 2023;60(3):103777. Available from: https://doi.org/10.1016/j.im.2023.103777

Abadi MS. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Jurnal Ilmiah Multi Science. 2022;13(1):24–34.

Meithiana Indrasari. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press; 2019. 282 p.

Syaharani R. Pengaruh Service Quality, Price, dan Electronik Word of Mouth (eWOM) Terhadap Visit Intention. 2023;(15018):1–23.

Ali H, Octavia A, Sriayudha Y. Determination of Purchase Decision: Place, Price, and Quality of Service (Literature Review). Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting. 2022;2(6):658–68.

Agustin R, Hendriani S, Syapsan S. The Effect of Brand Image and Service Quality on The Decision to Choose With Word of Mouth as Mediation Variable at Prof. Dr. Tabrani Hospital Pekanbaru. International Journal of Economics, Business and Applications. 2020;5(2):25.

Pandriadi. Statistika Dasar. Widina Media Utama; 2023.

Slamet Riyanto & Aglis Adhita Hatmanan. Metode Riset Penelitian Kuantitaif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. 2020.

Hair JFH, Risher JJ, Sarstedt M, Ringle CM. The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review. 2019;31(1):2–24.

Vivi Herlina. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS [Internet]. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2019. 58 p. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Praktis_Mengolah_Data_Kuesioner/WTOyDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+validitas+dan+reliabilitas&printsec=frontcove

Pardiyono R, Puspita HD. Studi Tentang Faktor Dominan Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan. 2021;5(2):279.

Tarigan1 PB. Agriprimatech Agriprimatech. 2019;3(1):38–46

Ningsih S, Dukalang HH. Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics. 2019;1(1):43–53.

Indri FZ, Putra GH. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan. 2022;2(2):01–17.

Rohana R&. Analisis Korelasi dan Regresi. Nasya Expanding Management; 2022. 128 p.

Permatasari SW& RI. Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress. 2022;12(1):13–25




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i1.3719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.