Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian

Ibrahim Khalil, Muchsin Saggaff Shihab, Hammad Hammad

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten dan copywriting terhadap brand awareness dan keputusan pembelian. Penelitan ini menggunakan metode survey dengan teknik wawancara dan metodologi kuantitatif. Pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan sem (structural equation modelling) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan purposive sampling sejumlah 120 dengan kriteria pemilihan responden dari populasi tak terbatas yang merupakan individu pengguna produk yourdose indonesia. Hasil penelitian ini adalah konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen yourdose indonesia, konten tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness pada konsumen yourdose indonesia. Copywriting tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen yourdose indonesia, copywriting berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness pada konsumen yourdose indonesia dan brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen yourdose indonesia.

Kata kunci: Konten, Copywriting, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ansari, N. F., A, A. S., & Yusmanizar. (2022). Pengaruh Elemen Visual dan Jenis Konten Pada Instagram @Tapada_Id Dalam Meningkatkan Brand awareness dan Minat Beli di CV. Tapada Berkah Bersama. Journals of Social, Science, and Engineering Social, Science, And Engineering Vol 1 (1), 17-21.

DeMers, J. (2023, 06 10). The Top 7 Characteristics of Successful Brands. Retrieved from Forbes: www.forbes.com

Fatimah, R. (2023). Pengaruh Content Marketing Instagram Dan Brand awareness Terhadap Minat Beli Di PS. Store Medan . Jurnal Ilmiah Muqoddimah, 296-304.

Fitriana Sandi, R. A. (2022). Pengaruh Influencer dan Konten Instagram “@Anakjajan” terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di What’s Up Cafe. PROMEDIA, (Public Relation Dan Media Komunikasi), 59-89.

Galuh Widya Pratiwi, S. A. (2023). Pengaruh Copywriting dan Brand awareness terhadap Consumer Interest pada Produk Menantea. SEIKO : Journal of Management & Business, 756-765.

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit-Undip.

Haney, C. (2023, 6 20). Copywriting 101: How to Craft Compelling Copy. Retrieved from Rainmaker Digital: https://rainmakerdigital.com/dispatch-12/

Hanim, L., & Noorman, M. (2018). UMKM & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unissula Press.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. AL – KALAM, 32-40.

Ivander, G. (2018). Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Agen TX Travel Jember. AGORA Vol. 6, No. 2 .

Kalkautsar, F. A., & Listiani, E. (2022). Pengaruh Konten di Instagram terhadap Brand awareness. Bandung Conference Series: Communication Management, 228-232.

Kotler, P. (2016). Marketing management. 15th edition. Harlow: Essex Pearson Education Limited.

Kucuk, S. U., & Krishnamurthy, S. (2007). An Analysis of Consumer Power On The Internet. Technovation, 27, 47-56.

Lieb, R. (2012). Content Marketing: Think Like a Publisher - How to Use Content to Market Online and in Social Media. Indiana: Que Publishing.

Limandono, J. A., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 5 No 1, 1-11.

Litt, E., Zhao, S., Kraut, R., & Burke, M. (2020). What Are Meaningful Social Interactions in Today’s Media Landscape? A Cross-Cultural Survey. Social Media + Society Volume 6, Issue 3, 1-17.

Maola, I., & Luthfi, H. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing Terhadap Brand awareness Pada Layanan PT. Sasana Solusi Digital (Studi Kasus Instagram @Marketingstudio.Id). e-Proceeding of Applied Science : Vol.8, 435-440.

Mona, N., & Pramulia, R. R. (2022). Peran Copywriter Dalam Membangun Brand awareness Sarimi Puass di Instagram. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 5 No 1, 10-18.

Muflichah, I., & Muslichah, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Merek terhadap Kesadaran Merek dan Niat Pembelian pada Merek Fashion Muslim. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen Vol 01 No 06, 251-272.

Muthiah, F., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Brand awareness, Brand Characteristic, Dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian. JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 259-267.

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram BY.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. Massive: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2, 1-11.

Nailul Mona, R. R. (2022). Peran Copywriter Dalam Membangun Brand awareness Sarimi Puass Di Instagram. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 10-18.

Ningrum, N. S., & Yudiningrum, F. R. (2021). Instagram Dan Online Customer Engagement (Pengaruh Celebrity Endorsement, Konten Pemasaran, dan Copywriting terhadap Online Customer Engagement Pengguna Akun Instagram @nalu.id). Jurnalkommas, 1-11.

Nurkariani, N. L., & Damayanti, N. M. (2023). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Subur Abadi Organik). Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 4(1), 648-656.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand awareness Pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom Vol VIII No 2, 45-57.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand awareness Pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, 45-57.

Pranata, I. W., & Pramudana, K. A. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud Vol 7 No 10, 5230-5257.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2, 78-83.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 78-83.

Ramadhan, I. D., & Purnamasari, O. (2023). Pengaruh Konten Instagram Chatime Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bincang Komunikasi Vol. 1 No. 1 , 43-52.

Roberts, S. (1994). Conversations: Burns W. Roper; Private Opinions on Public Opinion: Question Is, What Is the Question? New York: The New York Times.

Ruqoyyah, U., & Rahmawan, G. (2023). Pengaruh Copywriting Promotion, Online Customer Review, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Keranjang Kuning Pada Aplikasi Tiktok. JURNAL Edueco, 238-139.

Safitri, D. (2022). Pemanfaatan Copywriting untuk Meningkatkan Brand awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Wijayakusuma National Conference (WiNCo), 30-34.

Setiyanto, F. B., Setyawan, D., & Yulandari, A. (2021). Pengaruh Algoritma Instagram Terhadap Keterikatan yang Lebih Tinggi Dalam Penggunaan Instagram. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Universitas Tidar, 250-257.

Shendi Puspayani, J. B. (2021). Pengaruh Konten Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4085-4092.

Silalahi, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Furendori Betta Jakarta Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 228-232 .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common Vol 5 No 2, 118-133.

Syahtidar, N., Suherman, & Siregar, M. E. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 1, 44-59.

Vinzi, V. E., Chin, W. W., Henseler, J., & Wang, H. (2016). The Handbook of Partial Least Squares (PLS). Heidelberg: Springer Berlin.

Warnaen, A., Solichah, J. M., & Prasetyo, H. (2023). Content Marketing Instagram untuk Membangun Brand awareness Produk Susu. Agritech: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 25, No. 1, 17-27.

Wibowo, N. E. (2017). Pengaruh Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian. e-Proceeding of Applied Science. Vol.3, No.2., 230-244.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar . Jurnal Nawala Visual Vol. 3 No 1, 8-16.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 9-16.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 506-515.

Zhang, W., Mei, J., Song, W., Evans, R., & Xiang, Y. (2021). Why Do Citizens Engage With the TikTok Accounts of Public Hospitals in China? SAGE Open Volume 11, Issue 4




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.